Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 08 Jan 2019 14:04 WIB

Sampah Tangerang dan Tangsel Mau 'Disulap' Jadi Listrik

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Muchus Budi Rahayu Foto: Muchus Budi Rahayu
Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan pagi ini memimpin rapat terkait penanggulangan sampah. Rapat tersebut digelar bersama Bupati Tangerang, Ahmed Zaki dan Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi.

Dimulai sejak pukul 10.00 WIB, rapat berjalan selama satu jam lamanya. Menurut Zaki, persoalan sampah di Tangerang dan Tangerang Selatan saat ini sudah cukup mengkhawatirkan.

Pasalnya, sampah yang dihasilkan saat ini melebihi kapasitas dari pengolahan sampah. Di mana produksi sampah per hari mencapai 1.700ton sedangkan pengolahan sampah hanya menanggung sebanyak 900 ton.

"Kurang lebih sekitar 1.700 ton per hari, karena penduduk kita udah 3,5 juta. Yang bisa kita angkut itu kurang lebih sekitar 700-900 per hari, sisanya di irigasi, di sungai dan sebagainya," kata dia di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa (8/1/2019).


Maka dari itu, pihaknya meminta agar ada tempat pengolahan sampah yang juga terintegrasi dengan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa).

Mengamini ucapan Zaki, Airin juga mengatakan bahwa saat ini pihaknya sangat membutuhkan PLTSa tersebut. Sebab, produksi sampah di Tangsel sendiri mencapai 1.000 ton per hari.

"Sangat (dibutuhkan). Sudah penuh, kurang lebih per hari itu produksi sampah 1.000 ton," jelasnya.


Maka dari itu, ia berharap agar pemerintah mau membantu untuk menyelesaikan masalah sampah yang terdapat di kota tersebut.

"Maka kita terus berharap ada teknologi yang bisa masuk untuk permasalahan sampah di Tangerang Selatan," ungkap dia. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com