Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 08 Jan 2019 14:47 WIB

Airin Gandeng Korea 'Sulap' Sampah Jadi Listrik

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Puti Aini Yasmin/detikFinance Foto: Puti Aini Yasmin/detikFinance
Jakarta - Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi mengatakan pihaknya akan menggandeng pemerintah Korea Selatan untuk membangun pembangkit listrik tenaga sampah (PLTSa). Hal itu sebagai upaya untuk menanggulangi sampah yang berlimpah.

Menurut Airin saat ini pemerintah Korea telah melakukan studi kelayakan dan ditargetkan selesai ada awal Maret. Sehingga, pembangunan PLTSa tersebut sudah bisa dilakukan tahun ini.

"Korea berjanji dokumen feasibility study detail engineering desainnya akan selesai di akhir Februari atau awal Maret. Mudah-mudahan sih tahun ini segera ground breakingnya," kata dia di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa (8/1/2019).


Lebih lanjut, kata Airin, PLTSa tersebut akan dibangun di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipeucang. Pasalnya, saat ini kapasitas produksi sampah telah berada di angka 1.000 ton per hari.

"Kalau lihat dari jumlah sampah 900 sampai 1.000 itu sudah sangat layak dibangun PLTSa. Itu di TPA Cipeucang," ungkap dia.


Sementara itu, kegiatan membangun PLTSa ini sesuai dengan Peraturan Presiden (Pepres) Nomor 35 Tahun 2018. Di dalam aturan tersebut berbunyi ada 12 kota yang akan dipakai sebagai percontohan, termasuk Tangerang Selatan. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com