Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 08 Jan 2019 15:04 WIB

1 Juta Listrik Atap Ditarget Terpasang hingga 2023

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Trio Hamdani Foto: Trio Hamdani
Jakarta - Pemerintah menargetkan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) atap terpasang 1 juta unit dalam 4 tahun atau hingga 2023 sejak aturannya berlaku per 1 Januari 2019.

"Ya mungkin 3 tahun lah, 3 tahun kita berharap itu bisa kita capai, 3-4 tahun lah ya," kata Direktur Aneka Energi Baru dan Energi Terbarukan Ditjen EBTKE Kementerian ESDM Harris di kantornya, Selasa (8/1/2019).

Hal itu memungkinkan dicapai, mengingat jumlah pelanggan PLN ada lebih dari 40 juta. Artinya ada potensi yang besar untuk pelanggan PLN memasang listrik atap.

"Pelanggan kita itu kan ada puluhan juta ya, pelanggan PLN itu. Kalau nggak salah 40 jutaan pelanggan. Ya tidak semua kita berharap bisa. Kalau dapat 10%-nya saja sudah lumayan lah itu ya sampai 1 juta atap itu," paparnya.


Dari segi kapasitas, dalam 4 tahun itu ditargetkan mencapai 1 gigawatt.

"Iya dalam 1 giga (watt) itu kita ingin capai dalam beberapa tahun ini sebenarnya karena ada target dari perkumpulan surya atap itu untuk 1 gigawatt rooftop," ujarnya.

Saat ini pihaknya pun masih melakukan sosialisasi soal aturan baru mengenai listrik atap.

"Tapi ya target itu masih diupayakan. Kalau sekarang kan masih sosialisasi ya, permen (peraturan menteri) itu," tambahnya.

(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com