Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 17 Jan 2019 23:33 WIB

Menteri Jokowi Pede B20 Bisa Kurangi Impor Solar 6 Juta Kl

Trio Hamdani - detikFinance
Menko Perekonomian Darmin Nasution/Foto: Achmad Dwi Afriyadi Menko Perekonomian Darmin Nasution/Foto: Achmad Dwi Afriyadi
Jakarta - Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution mengatakan pemerintah optimistis bisa memangkas impor solar sebesar 6 juta kiloliter (KL) di 2019. Keyakinan ini karena sekarang bergulir program biodiesel 20% (B20).

Penghematan impor solar hingga 6 juta kl itu seiring dengan pemanfaatan Fatty Acid Methyl Esters (FAME). FAME merupakan bahan dasar dari B20. Tahun ini penyerapan FAME ditargetkan sekitar 6 juta kl.


"2019 itu diperkirakan FAME itu akan kira kira 6 juta kl. Berarti impor solarnya akan berkurang segitu (6 juta kl)," sebutnya.

Namun, 6 juta kl FAME hanyalah bagian 20% yang dicampur ke B20. Artinya masih ada konsumsi 80% solar yang tidak bisa dihindarkan dalam campuran B20 tersebut.

"Tapi berarti itu 20% dari total solarnya. 20% itu berarti 6 juta kl, 80% sisanya hitung saja sisanya, pakai kalkulator kan bisa," sebutnya.


Darmin menambahkan akan membantu Kementerian ESDM agar program yang salah satu tujuannya untuk mengurangi impor solar itu lebih efektif.

"Sebenarnya ya kita membantu ESDM untuk supaya ini efektif. Pokoknya kita akan terus sampai benar benar ya kalau nggak 100% ya dekat benar lah dengan 100% (realisasinya)," tambahnya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed