Fasilitas Produksi Dekat Kilang Balongan Terbakar

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Senin, 04 Feb 2019 14:59 WIB
Kilang Balongan/Foto: Pertamina
Jakarta - Kebakaran terjadi di area sekitar Pusat Pengumpul Produksi (Main Gathering Station Asset 3). Lokasi kebakaran terjadi di luar komplek Kilang Balongan.

"Kebakaran terjadi di salah satu fasprod asset 3 PEP yang lokasinya berada di luar Kilang Balongan," kata Sekretaris Perusahaan Pertamina, Syahrial Mukhtar dikonfirmasi detikFinance, Senin (4/2/2019).


Syahrial menambahkan, kebakaran tidak mempengaruhi aktivitas produksi migas. Kejadian tersebut juga tidak berdampak pada operasi kilang.

"Kebakaran tidak berdampak pada produksi migas PEP dan juga tidak berdampak pada operasi Kilang Balongan dan layanan kepada konsumen tidak terganggu," tutur Syahrial.

Kebakaran terjadi pukul 09.40 WIB dan berhasil dipadamkan pukul 10.15 WIB di dalam area Oil and Gas Transportation (OGT) Balongan.

"Kebakaran sudah dapat ditanggulangi dan saat ini api sudah padam. Tim HSSE terus melakukan penyiraman dan pendinginan lokasi," ujar Syahrial.


Sebanyak empat truk pemadam ikut memadamkan lokasi. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut dan kondisi kilang aman.

"Api dipadamkan dengan menggunakan empat Fire Truck (Damkar) dari MOR 3 dan EP," tutur Syahrial.

Penyebab kebakaran masih dalam proses investigasi. Pertamina EP bersama pihak terkait terus melaksanakan langkah-langkah yang diperlukan dalam penanganan dan pengkondisian lokasi dengan mengutamakan aspek HSSE di lokasi kejadian. (ara/eds)