Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 12 Feb 2019 11:17 WIB

Berapa Besar Pengaruh Avtur ke Harga Tiket Pesawat?

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Foto: Hasan Alhabshy Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta - Harga avtur disebut menjadi biang kerok harga tiket pesawat mahal. Mahalnya harga avtur juga disinggung Presiden Joko Widodo (Jokowi) semalam.

Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Polana B Pramesti mengatakan porsi avtur dalam biaya operasi pesawat juga terbilang besar. Meski demikian, bahan bakar pesawat tersebut bukan satu-satunya komponen.

"Avtur dalam komponen biaya operasi pesawat mempunyai kontribusi yang besar selain nilai tukar rupiah," kata Polana kepada detikFinance, Selasa (12/2/2019).


Berdasarkan Peraturan Menteri (PM) Perhubungan Nomor 14 Tahun 2016 tentang Mekanisme Formulas Perhitungan dan Penetapa Tarif Batas Atas dan Batas Bawah Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi Angkutan Udara Berjadwal Dalam Negeri, harga avtur memberi andil sekitar 24% dari biaya operasional pesawat. Akan tetapi, angka tersebut bisa berbeda-beda di setiap bandara.

"Persentasenya kalau sesuai PM 14/2016 sekitar 24%. Namun detailnya bisa ditanyakan ke airline karena harga avtur di setiap lokasi tentunya berbeda mengingat ada transportasi ke daerah yang dilayani," ujar Polana.

Ia juga mengamini bahwa Pertamina menjadi satu-satunya pemain avtur di bandara Indonesia. Pertamina melayani penjualan avtur di seluruh bandara di Indonesia.



"Avtur di Indonesia memang hanya dilayani Pertamina, bukan hanya di Jawa tapi sampai Papua," tutur Polana. (ara/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed