Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 12 Feb 2019 16:15 WIB

Pertamina Buka Peluang Turunkan Harga Avtur

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Danang Sugianto/detikFinance Foto: Danang Sugianto/detikFinance
Jakarta - PT Pertamina (persero) membuka peluang untuk menurunkan harga Avtur.

"Ya kemungkinannya seperti itu (harga turun), seperti itu nanti kita lihat," kata Direktur Pemasaran Retail Pertamina, Masud Khamid di Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (12/2/2019).

Namun dia menjelaskan belum mengetahui berapa besar penurunan harga avtur tersebut.

Menurut dia, penurunan harga ini merupakan berita bagus untuk industri. Masud menyampaikan penurunan tidak akan mengganggu keuangan Pertamina karena perseroan adalah perusahaan minyak dan gas yang terintegrasi.

"Keuntungan itu bisa dari hulu dan bisa dari hilir, dari lifting. Dari hilir penjualan selisih pembelian crude sehingga variabelnya satu harga, ketiga efisiensi operasi," ujarnya.



Sebelumnya, Pertamina diduga memonopoli harga avtur di Bandara Soekarno-Hatta. Kondisi itu merembet ke banyak persoalan, mulai dari kenaikan tarif tiket pesawat, penurunan jumlah penumpang maskapai penerbangan domestik, hingga anjloknya hunian hotel.

Dugaan tersebut, membuat perusahaan pelat merah itu akan dipanggil Presiden Jokowi.

"Karena harga avtur itu menyangkut 40% dari biaya yang ada di tiket pesawat. Besok (Selasa) saya panggil saja (Pertamina)," ungkap Jokowi, Senin malam di Hotel Sahid.

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) harga avtur di Indonesia sudah sangat kompetitif. Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno menjelaskan saat ini harga avtur di Indonesia sudah mengalami penurunan.

"Harga avtur sekarang posisinya terus turun sejak November 2018. Saya sampaikan, harga avtur di Indonesia khususnya di Bandara Soekarno Hatta sangat kompetitif. Kita hanya nomor tiga di Asia Tenggara," kata Fajar di Kementerian BUMN.

(kil/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed