Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 13 Feb 2019 15:31 WIB

Rini Soemarno Jawab Alasan Avtur RI Lebih Mahal dari Singapura

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Syahdan Alamsyah Foto: Syahdan Alamsyah
FOKUS BERITA Monopoli Harga Avtur
Jakarta - Harga avtur di bandara di Indonesia masih lebih mahal dibanding negara tetangga, salah satunya adalah Bandara Changi Singapura. Mahalnya harga avtur jadi sebab harga tiket pun ikut mahal.

Pemerintah menjawab kenapa harga avtur di Indonesia lebih mahal daripada di Singapura. Kenapa?

Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan, harga avtur di bandara di Indonesia sebenarnya tak beda jauh dengan Singapura. Yang membedakan hanya komposisi pajaknya.


"Kita tidak beda jauh dengan Singapura. Cuma ada perbedaan paling utama pajak, di kita kan kena PPN, di sana tidak kena," tutur Rini di Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/2/2019).

Rini mengatakan, pemerintah juga tengah mengupayakan agar PPN untuk bahan bakar pesawat ini dihapuskan. Soal itu, Rini menyebut sudah diusulkan ke Kementerian Keuangan. Rini berharap PPN avtur dihapuskan agar formula biayanya sama dengan Singapura.

"Harapannya dihapuskan," tutur Rini.


Sebelumnya, Pakar Penerbangan Alvin Lie mengatakan bahwa harga avtur di Bandara Soekarno Hatta lebih mahal dibandingkan yang dijual di Bandara Changi Singapura. Perbedaannya mencapai 10%.

"Jadi gini, harga (avtur) Pertamina di Soekarno Hatta, Kualanamu dan Soetta beda lagi. Kalau menggunakan Soekarno Hatta dibanding Changi itu beda sekitar 5-10% lebih mahal kita," tutur Alvin. (zlf/eds)
FOKUS BERITA Monopoli Harga Avtur
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed