Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 18 Feb 2019 12:11 WIB

SKK Migas Sebut 10 Area di RI Miliki Potensi Gas Besar

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Ilustrasi/Foto: BBC Ilustrasi/Foto: BBC
Jakarta - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK) Migas memproyeksikan 10 potensi area besar untuk menemukan cadangan gas.

Kepala Divisi Perencanaan Eksplorasi SKK Migas Shinta Damayanti, menerangkan 10 potensi itu disebut sebagai giant discovery. Nantinya, akan didapatkan cadangan gas bumi di sana.

"Ada beberapa titik yang untuk itu. Kita sudah identifikasi 10 potensi area giant discovery di Indonesia. Di wilayah barat sampai tengah itu ada sekitar 6 area, karena 4 area di timur yang WK-nya (Wilayah Kerja) tidak ada, jadi di 6 area di tengah dan barat itu ada potensi," ungkap Shinta di Kantor SKK Migas, Jakarta, Senin (18/2/2019).


Shinta mengatakan untuk potensi di daerah barat dan tengah Indonesia lebih banyak berbentuk on shore (darat). Sedangkan untuk di bagian timur Indonesia lebih banyak off shore (lepas pantai).

"Yang WK sekarang banyaknya on shore, kalau potensi di timur off shore, cuma kan belum ada WK-nya," jelas Shinta.


Sebelumnya, Kepala SKK Migas Dwi Sutjipto mengumumkan bahwa ada cadangan gas potensial baru di Blok Sakakemang, Sumatera Selatan. Dia menjelaskan hingga kini temuan tersebut masih terus dieksplorasi.

"Kita menyampaikan informasi potensi temuan di WK (wilayah kerja) Sakakemang yang dilakukan oleh konsorsium Repsol, Petronas, dan Mitsui Oil Exploration. Jadi pekerjaan ini masih akan diteruskan sehingga benar benar kita menyampaikan secara detil mengenai cadangannya itu," ungkapnya.


Saksikan juga video 'Polri, SKK Migas dan BPH Migas, Bersatu Berantas Mafia':

[Gambas:Video 20detik]

(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com