Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 18 Feb 2019 12:24 WIB

Temukan Potensi Gas di Sumatera Selatan, Repsol Genjot Eksplorasi

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Reuters Ilustrasi/Foto: Reuters
Jakarta - Repsol akan mempercepat kegiatan eksplorasi di Blok Sakakemang, Sumatera Selatan. Hal ini menindaklanjuti penemuan potensi cadangan gas bumi di blok migas tersebut.

Menurut, Director Regional Exploration-Eastern Hemisphere Repsol Simone Sciamanna, pihaknya merencanakan untuk mempercepat potensi cadangan di sana. Tahun ini dia mengatakan perusahaannya segera melakukan appraisal well.

"Kita akan bor appraisal well tahun ini. Ini dilakukan untuk akses potensi lebih jauh lagi," ungkap Simone di Kantor SKK Migas, Jakarta, Senin (18/2/2019).


Simone mengungkapkan pihaknya pun telah siap membangun plant apabila nantinya menemukan cadangan yang terbukti dan dilanjutkan dengan produksi.

"Nanti akan bangun plant untuk produksi. Kita akan tes, ini komitmen kita untuk percepat," ungkap Simone.

Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK) Migas Dwi Sutjipto menambahkan, Repsol telah melakukan tes produksi sejak 10 Februari lalu. Dia mengatakan akan menyampaikan hasilnya apabila tes tersebut berhasil

"Sejak 10 Februari, hingga beberapa hari ke depan Repsol akan tes produksi. Nanti akan disampaikan kalo berhasil produksi," ungkap Tjipto.


Eksplorasi yang dilakukan Repsol sendiri dibantu oleh dua anggota konsorsium lainnya, yakni Petronas dan Mitsui Oil Exploration. Pengerjaan Repsol di WK Sakakemang dilakukan setelah perusahaan tersebut berhasil membeli operator sebelumnya, Talisman, pada 2015.

Sebelumnya, Tjipto sendiri mengumumkan bahwa ada cadangan gas potensial baru di Blok Sakakemang, Sumatera Selatan. Dia menjelaskan hingga kini temuan tersebut masih terus dieksplorasi.

"Kita menyampaikan informasi potensi temuan di WK (wilayah kerja) Sakakemang yang dilakukan oleh konsorsium Repsol, Petronas, dan Mitsui Oil Exploration. Jadi pekerjaan ini masih akan diteruskan sehingga benar benar kita menyampaikan secara detil mengenai cadangannya itu," ungkap Dwi.


Saksikan juga video 'Polri, SKK Migas dan BPH Migas, Bersatu Berantas Mafia':

[Gambas:Video 20detik]

(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com