CONTINUE TO SITE >

Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 18 Feb 2019 13:22 WIB

Perjalanan Repsol Garap Blok Migas Sakakemang di Sumsel

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Reuters Ilustrasi/Foto: Reuters
Jakarta - Repsol berhasil menemukan potensi cadangan gas baru di Indonesia. Cadangan gas tersebut ditemukan di Blok Migas Sakakemang, Sumatera Selatan.

Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK) Migas Dwi Sutjipto menceritakan proses yang dilalui Repsol agar dapat menggarap Blok Sakakemang. Awalnya, Respol masuk ke Indonesia sejak tahun 2009.

"Repsol masuk kembali ke Indonesia pada tahun 2009-2010, saat itu mereka fokus pada aset di Indonesia timur dan melakukan 1 pengeboran eksplorasi dengan hasil dry hole," ungkap Tjipto di kantornya, Jakarta, Senin (18/2/2019).


Lebih lanjut Dwi mengatakan Repsol membeli Talisman pada tahun 2015, yang menjadikannya sebagai operator di Blok Skakemang. Dengan pembelian tersebut, Repsol berhasil menambahkan wilayah kerjanya menjadi empat di seluruh Indonesia.

"Setelah itu Repsol membeli Talisman pada tahun 2015, wilayah kerja (WK) Sakakemang menjadi salah satu aset yang ikut dibeli. Saat ini sendiri Repsol mengelola 4 wilayah kerja eksplorasi, East Jabung, Sakakemang, South East Jabung, Andaman 3," ungkap Tjipto.

Sejak itu menurut Dwi, Repsol langsung mengakselerasi kegiatan eksplorasi di Sakakemang pada tahun 2018. Lalu memutuskan untuk melakukan pengeboran kedua di Blok Sakakemang.

"Sumur Kaliberau Dalam 2X (KBD2X) ditajak pada tanggal 20 Agustus 2018 dengan target fractured basement. Lokasi sumur berada sekitar 60 km dari lapangan gas raksasa Suban," kisah Tjipto.

Eksplorasi yang dilakukan Repsol sendiri dibantu oleh dua anggota konsorsium lainnya, yakni Petronas dan Mitsui Oil Exploration. Eksplorasi pada pertengahan 2018 itu ternyata sukses untuk mendapatkan potensi cadangan gas.


Hingga kini, pihak Repsol sendiri terus menggenjot eksplorasi disana. Tahun ini mereka akan melakukan appraisal well.

"Kita akan bor appraisal well tahun ini. Ini dilakukan untuk akses potensi lebih jauh lagi," ungkap Director Regional Exploration-Eastern Hemisphere Repsol Simone Sciamanna, di Kantor SKK Migas.

"Nanti akan bangun plant untuk produksi. Kita akan tes, ini komitmen kita untuk percepat," tambah Simone.


Saksikan juga video 'Polri, SKK Migas dan BPH Migas, Bersatu Berantas Mafia':

[Gambas:Video 20detik]

(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed