ADVERTISEMENT
Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 19 Feb 2019 13:55 WIB

ESDM Catat Komitmen Investasi Migas Tembus Rp 31 T

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Dok. Kementerian ESDM Foto: Dok. Kementerian ESDM
Jakarta - Pemerintah lewat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat, komitmen kerja pasti hingga saat ini mencapai Rp 31,5 triliun.

Komitmen kerja pasti yang dimaksud adalah dana yang bakal dikeluarkan kontraktor sebagai investasi mereka selama 5 tahun yang akan digunakan untuk meningkatkan produksi dan eksplorasi sumur-sumur baru.

Demikian disampaikan Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar dalam acara Seminar Energi 2019, di Jakarta, Selasa (19/2/2019).

"Sampai hari ini kita mengumpulkan firm working komitmen Rp 31,5 triliun yang bisa digunakan untuk eksplorasi baik di WK (wilayah kerja) eksisting maupun open area yang bapak ibu bisa pilih," katanya.


Arcandra menjelaskan, komitmen kerja pasti merupakan inovasi pemerintah untuk menggenjot eksplorasi. Komitmen kerja pasti sendiri merupakan bagian dari skema kontrak bagi hasil gross split.

Komitmen kerja pasti ini untuk mengatasi minimnya dana eksplorasi yang disediakan pemerintah. Di mana, sebelumnya hanya tersedia US$ 5 juta.

"Dana eksplorasi yang tersedia dari APBN hanya US$ 5 juta, Rp 60 miliar-Rp 70 miliar setahun. Apa yang kamu harapkan?"

"Terus kita berharap produksi kita akan naik, akhirnya kita mencari cara baru lewat blok-blok terminasi dibuat term baru," sambungnya.


Alhasil, lahirlah komitmen kerja pasti di mana dana itu bisa digunakan untuk eksplorasi. Komitmen kerja pasti sendiri juga dijadikan parameter kelayakan kontraktor mengelola blok migas.

"Yang didefinisikan komitmen kegiatan yang bisa digunakan 5 tahun pertama setelah kontrak itu beralih atau diperpanjang eksisiting kontrak, harus menyediakan uang dan kegiatan 5 tahun pertama. Dan jadi itu dijadikan parameter apakah blok itu dimenangkan A atau A kontraktor. Atau siapapun," tutupnya. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com