Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 20 Feb 2019 22:47 WIB

Tudingan Miring Divestasi Freeport

Jawab Sudirman Said, Jonan Beberkan Negosiasi Freeport dari Nol

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Menteri ESDM Ignasius Jonan/Foto: Ari Saputra Menteri ESDM Ignasius Jonan/Foto: Ari Saputra
Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menyatakan, negosiasi untuk akuisisi PT Freeport Indonesia (PTFI) dimulai dari nol. Hal itu guna menanggapi pemberitaan adanya pertemuan 'tidak biasa' antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Executive Chairman Freeport McMoRan James Robert (Jim Bob) Moffet sebelum akuisisi.

"Sewaktu saya ditinggal semua, mulai runding baru, start dari nol, gitu aja. Saya ingin klarifikasi aja," kata Jonan di Kementerian ESDM Jakarta

Jonan menjelaskan, dirinya ditugaskan menjadi Menteri ESDM 14 Oktober 2016. Dia menggantikan pendahulunya yakni Sudirman Said, Arcandra Tahar, dan Luhut Binsar Pandjaitan. Saat menjabat, Jokowi memberi sejumlah tugas pada Jonan. Salah satunya akuisisi PTFI.


"Salah satu tugas saya menyelesaikan negosiasi Freeport McMoRan terhadap Freeport Indonesia," terangnya.

Tim negosiasi yang terdiri sejumlah menteri pun dibentuk terdiri dari Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri BUMN Rini Soemarno, dan dirinya. Jonan sempat menawarkan kepada Jokowi untuk bertemu bos Freeport McMoRan, induk PTFI, tapi Jokowi menolak.

"Beliau presiden ngomongnya ini diselesaikan, saya tawarkan pak ketemu CEO Feeport McMoRan waktu itu bukan Jim Moffet saya nggak kenal. Waktu saya ketemu November sudah Richard Adkerson. Saya katakan, kita negosiasi ya, waktu Richard Adkerson dua kali minta ketemu Presiden, presiden nggak mau ketemu," paparnya.


"Presiden bilang kan arahnya jelas, satu 51%, dua smelter, tiga IUPK, keempat peerimaan negara lebih besar. Yaudah itu aja," ujarnya.

Jonan mengatakan, selama 2 tahun negosiasi Jokowi tidak pernah bertemu khusus dengan bos Freeport.

"Sampai hasilnya yang kita tahu semua. Selama dua tahun, setahu saya presiden tidak pernah menerima Richard Adkerson sih sama sekali, mungkin pertemuan internasional, mungkin pernah papasan," tutupnya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed