Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 21 Feb 2019 19:42 WIB

Temuan Gas di Sakakemang Sumsel Disebut Terbesar Ke-4 Dunia

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Reuters Foto: Reuters
Jakarta - Repsol telah menemukan cadangan gas baru yang sangat besar di Blok Sakakemang, Sumatera Selatan. Bahkan disebut-sebut sumur baru itu menjadi temuan gas terbesar keempat di dunia.

Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak Bumi dan Gas Bumi (SKK Migas) Dwi Soetjipto mengatakan, total cadangan gas yang ditemukan di Sumur Kaliberau Dalam (KBD) 2x mencapai 2 triliun kaki kubik (TCF).

"2018-2019, ini adalah penemuan terbesar nomor 4 di dunia," ujarnya di Gedung Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis (21/2/2019).

Menurut data yang dipaparkan, cadangan yang paling besar pertama ada di Sumur Calypso 1 di Cyprus sebesar 3,5 TCF, kedua Sumur Obskaya Severnaya 1 di Rusia sebanyak 3 TCF dan yang ketiga 1-STAT-010A-SPS di Brazil sebesar 2 TCF lebih.


"Kemarin kita kan masih belum bilang. Kalau mereka sudah blang angka, ya itu jadi pedoman. Potensi lebih kurang 2 TCF. Asumsi sekarang, rig 1.500 HB. Kadang dikerjakan bertahun tahun enggak dapat, dengan kedalaman 2.430 meter dapat cadangan," ujar Dwi.

Repsol sendiri telah melakukan tes produksi sejak 10 Februari lalu. Eksplorasi yang dilakukan Repsol sendiri dibantu oleh dua anggota konsorsium lainnya, yakni Petronas dan Mitsui Oil Exploration.

Pengerjaan Repsol di WK Sakakemang dilakukan setelah perusahaan tersebut berhasil membeli operator sebelumnya, Talisman, pada 2015.

(das/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com