Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 25 Feb 2019 16:40 WIB

Siapa yang Dititipi Pesan Jokowi agar Audit Petral ke KPK Ditunda?

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Muhammad Ridho Foto: Muhammad Ridho
Jakarta - Eks Menteri ESDM Sudirman Said mengaku sempat dicegah oleh seseorang agar tak memberikan hasil audit Pertamina Energy Trading Ltd atau Petral ke KPK. Seseorang itu mengaku hanya menyampaikan pesan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Siapa orang yang dimaksud Sudirman Said?

"Ya mungkin belum perlu disebut kali ya, nanti-nanti saja lah. Tapi orang itu, orang yang penting, orang yang dipercaya presiden," kata Sudirman Said dalam blak-blakan dengan detikFinance akhir pekan lalu.


Walau Sudirman tak bisa merinci siapa orang tersebut, namun dirinya mengatakan bahwa seseorang itu memiliki jabatan selevel menteri.

"Mungkin ya selevel menteri. Nanti lah pada waktunya diceritakan," katanya.


Saat ini, kata Sudirman, seseorang tersebut juga masih menjabat di pemerintahan namun tidak dalam posisi yang sama saat mencegah Sudirman melapor ke KPK.

"Nggak di tempat yang sama. Ini kaya teka-teki saja," jelasnya.

Sebelumnya, Sudirman Said mengaku sempat dilarang oleh seseorang untuk tidak melaporkan audit Petral ke KPK. Seseorang itu, kata Sudirman, merupakan pembawa pesan dari Jokowi.

"Bahwa malam itu mendapat pesan dari seseorang untuk bertemu, kemudian orang itu menyampaikan pesan dari Pak Presiden yang untuk laporan ke KPK soal Petral ditunda dulu, sekarang fokus pada laporan ke MKD. Waktu itu kan ada dua cerita besar, satu papa minta saham, satu lagi Petral," tuturnya. (fdl/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com