Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 25 Feb 2019 18:09 WIB

Sudirman Said soal Freeport: Sikap Presiden Berubah-ubah

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Halaman 1 dari 5
Foto: Muhammad Ridho Foto: Muhammad Ridho
Jakarta - Isu mengenai divestasi saham PT Freeport Indonesia (PTFI) kembali mengemuka dalam sepekan terakhir. Pihak oposisi masih tetap memberi kritikan terhadap capaian yang telah dilakukan Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kali ini, kritikan datang dari seseorang yang pernah menjadi menteri dan sekarang memilih masuk dalam barisan oposisi, yakni Sudirman Said.

Eks Menteri ESDM yang kini memperkuat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno itu mengumbar cerita miring soal pertemuan Presiden Jokowi dengan James Robert (Jim Bob) Moffett pada 6 Oktober 2015 silam. Jim Moffett saat itu masih menjabat sebagai Executive Chairman Freeport McMoRan, induk PTFI.

Sudirman menilai pertemuan antara Jokowi-Moffett itu bukanlah pertemuan normal layaknya pertemuan biasa. Sebab menurutnya, pertemuan antara Jokowi dan Moffett ini membuat divestasi saham PTFI itu tak sepenuhnya menguntungkan Indonesia. Dia pun menilai bahwa Jokowi memiliki sikap yang berubah-ubah terkait tentang investasi pemerintah dengan Freeport.

Tak hanya berhenti membahas soal Freeport, kepada detikFinance, Sudirman Said juga membahas mengenai masalah di balik pembubaran PT Pertamina Energy Trading Ltd atau Petral. Lantas, seperti apa cerita lengkap versi Sudirman Said? Simak wawancara lengkapnya: (fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed