Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 14 Mar 2019 16:12 WIB

Pertamina Teken Kerja Sama dengan 6 BUMN, Ini Isinya

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Achmad Dwi Afriyadi Foto: Achmad Dwi Afriyadi
Jakarta - PT Pertamina (Persero) melakukan perjanjian kerja sama dengan beberapa BUMN. Perusahaan itu antara lain PT Inalum (Persero), PT Bukit Asam (Persero) Tbk, PT Timah (Persero) Tbk, PT Aneka Tambang (Persero) Tbk, PT Angkasa Pura I (Persero), PT Angkasa Pura II (Persero).

Penandatangan kerja sama berlangsung di Kementerian BUMN, Kamis (14/3/2019). Hadir dalam penandatangan kerja sama Menteri BUMN Rini Soemarno.

Ada sejumlah kerja sama yang diteken. Antara lain penyediaan bahan bakar Pertamina di fasilitas yang kelola Angkasa Pura I dan II. Kemudian, restrukturisasi utang Garuda Indonesia Grup dan Sriwijaya Grup.


Restrukturisasi ini berupa perpanjangan pembayaran utang Garuda Indonesia dan Sriwijaya yang seharusnya jatuh tempo pada Desember 2018. Utang itu sekitar Rp 2 triliun di mana akan dicicil hingga 18 bulan ke depan.

Dalam sambutannya, Rini mengaku senang dengan penandatangan ini. Sebab, langkah ini sebagai upaya mengefisienkan operasional BUMN.

"Saya tentunya kalau dilihat titik hari ini orang paling bahagia dan bangga karena akhirnya sinergi yang saya tekankan. Alhamdulillah makin banyak terjadi, Pertamina dengan Angkasa Pura I dan II, Garuda, Bukit Asam, Antam. Menurut saya satu langkah yang sangat penting dalam memberikan yang terbaik kepada bangsa, efisiensikan operasional kita," jelasnya di Kementerian BUMN Jakarta, Kamis (14/3/2019).

Dia mengatakan, selain efisien dan memberikan keuntungan bagi BUMN, kerja sama ini diharapkan dapat memberikan kemakmuran bagi masyarakat.

"Diharapkan meningkatkan keuntungkan BUMN yang akhirnya memberikan kemakmuran rakyat Indonesia," jelasnya.


Rini berharap kerja sama BUMN akan semakin erat. Dia akan turun langsung untuk memantau jalannya kerja sama antar BUMN.

"Saya harapkan, tadi saya ingatkan ini tanda tangan, operaisonal harus terjadi saya akan lihat langsung ke lapangan tanpa bilang," tutupnya. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed