Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 10 Apr 2019 13:01 WIB

Prabowo Mau Pangkas Tarif Listrik 20%

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Prabowo Subianto/Foto: Rengga Sancaya Prabowo Subianto/Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto berjanji akan menurunkan tarif listrik jika terpilih pada 17 April 2019 mendatang. Janji tersebut diungkapkan Prabowo dalam berbagai kesempatan. Salah satunya, saat kampanye akbar di Gelora Bung Karno (GBK) Senayan Jakarta, akhir pekan lalu (7/4/2019).

Soal penurunan tarif ini, menurut anggota tim penelitian dan pengembangan ekonomi Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Harryadin Mahardika menjelaskan target awalnya ialah untuk golongan 450 dan 900 VA. Rencananya, tarif listrik golongan tersebut akan dipangkas sampai 20%.

Harryadin mengatakan, cara untuk memangkas tarif ini ialah mengatur biaya baku pembangkit yakni batu bara.


"Intinya target kita menurunkan 20% tarif dasar listrik, 450 dan 900 VA. Itu nanti kita turunkan dengan cara itu tadi. Kita kunci harga batu baranya. Kita atur harga batu baranya," jelasnya kepada detikFinance, Rabu (10/4/2019).

Dia menerangkan, kunci dari penurunan tarif dasar listrik ini ialah penghematan dan pengaturan komponen bahan bakunya yakni batu bara. Golongan 450 dan 900 VA merupakan target awal yang bakal diturunkan.

Untuk golongan lain, lanjutnya, dirinya akan melihat dulu dampak dari pengaturan harga batu bara itu. Namun, untuk golongan lain minimal tarifnya tidak berubah.


"Fokus pertama itu, inginnya kita begitu. Kita lihat dulu dampaknya dengan stabilisasi harga batu bara apakah signifikan. Kalau memang bisa kita lanjutkan hal lain, selain batu bara kan ada pembangkit BBM misalnya, apakah bisa lakukan skema yang sama dan penghematan-penghematan lain," jelasnya.

"Tapi keinginannya adalah minimal golongan lain kita stabilkan minimal. Tapi 450-900 VA harus kita turunkan," tambahnya. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com