Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 16 Apr 2019 17:19 WIB

Pertamina Tambah Lokasi Penyaluran BBM Satu Harga

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Dok. Pertamina Foto: Dok. Pertamina
Jakarta - PT Pertamina (Persero) menyebutkan akan menambah jumlah lokasi BBM satu harga dari target yang sudah ada. Pada akhir 2018, program BBM satu harga sudah hadir di 131 lokasi khususnya di wilayah terdepan, tertinggal, dan terluar (3T).

Direktur Pemasaran Retail Pertamina Mas'ud Khamid mengatakan, pihaknya akan menambah 36 titik BBM satu harga di wilayah 3T.

"Nambah 36 titik. Jadi tambahannya sekitar, sekarang kan 124 tambah, nambah sekitar 30%," kata Mas'ud usai acara peresmian pembangunan Halal Park di Komplek GBK, Jakarta Selatan, Selasa (16/4/2019).


Mas'ud menjelaskan, tambahan 30% yang dimaksud adalah dari kuota 88.543 kiloliter (KL) dari 36 titik yang baru di tahun 2019. Adapun, lanjut dia mengungkapkan, adanya tambahan titik BBM satu harga pun akan ada tambahan ongkos angkut.

Hanya saja, Mas'ud mengatakan bahwa ongkos angkut tambahan ini akan ditanggung oleh pemerintah dalam hal ini Kementerian ESDM.

"Diganti semua sama pemerintah ada tambahan sekitar Rp 53 per liter. Tambahan ongkos angkut BBM satu harga," ujar dia.

"Yang jelas ada tambahan dan Pertamina nggak rugi juga nggak untung. Ini dibayar oleh Kementerian ESDM, tambahan ongkos penugasan," tambah dia.

Diketahui, BPH Migas mencatat implementasi program penyaluran BBM Satu Harga pada 2018 telah melampaui target. Program BBM satu harga itu untuk Premium dan Solar.

Kepala BPH Migas Fanshurullah Asa mengatakan pemerintah telah menghadirkan program BBM satu harga di 131 lokasi dari target tahun 2018 di 130 lokasi.


Berdasarkan aturan yang ada, kata Fansrullah, program BBM satu harga ini dilakukan oleh PT Pertamina dan PT AKR Corporindo. Dari dua badan usaha tersebut telah menghadirkan BBM dengan harga yang sama di daerah-daerah terdepan, tertinggal, dan terluar (3T).

Dari 131, kata Fansrullah, tersebar di 131 kecamatan, 90 kabupaten, dan 26 provinsi, di mana 122 lokasi dilakukan Pertamina dan 9 lokasi oleh AKR Corporindo.

Pertamina Tambah Lokasi Penyaluran BBM Satu Harga
(hek/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com