Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 23 Apr 2019 16:45 WIB

BUMD Papua untuk Tampung Saham Freeport Indonesia Segera Terbentuk

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Ardhi Suryadhi Foto: Ardhi Suryadhi
Jakarta - PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau Inalum telah berhasil menguasai saham PT Freeport Indonesia (PTFI) tahun lalu. Namun hingga kini pembagian saham untuk Pemprov Papua dan Pemkab Mimika belum diputuskan.

Menurut perjanjian, Inalum akan memberikan saham PTFI sebesar 10% untuk pemerintah daerah. Saham itu akan diberikan melalui pembentukan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Untuk komposisinya kepemilikannya 30% untuk Pemprov Papua dan 70% Pemkab Mimika. Namun hingga kini belum tercapai kesepakatan.

Direktur Utama Inalum Budi Gunadi Sadikin mengatakan belum lama ini telah digelar pertemuan dengan perwakilan dari Bupati Mimika dan perwakilan Pemprov Papua. Namun pertemuan itu belum mencapai kesepakatan.


"Sudah ada kemajuan. Kita mungkin perlu satu dua kali meeting lagi untuk finalisasi. InsyaAllah nanti pak Gubernur mungkin akan bertemu langsung dengan pihak Freeport dan kita untuk bisa memfinalisasikan," ujarnya di Hotel Pullman, Jakarta, Selasa (23/4/2019).

Budi mengakui, pihak Pemprov Papua memang menginginkan porsi yang lebih besar dari kepemilikan PTFI itu. Namun hingga kini porsinya masih mengacu perjanjian awal.

"Sampai sekarang memang kerangka diskusinya masih mengacu pada perjanjian induk yang ditandatangani awal 2018," tambahnya.


Meski begitu, Budi yakin persoalan jatah saham PTFI akan segera terselesaikan. Dia yakin BUMD untuk memiliki saham PTFI itu akan segera terbentuk.

"Iya (tahun ini). (Soal porsi saham) Itu yang nanti difinalisasikan oleh pihak pemprov dan pemkab," tegasnya. (das/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com