Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 23 Apr 2019 18:40 WIB

Inalum Kirim Karyawan Holding Belajar Tambang di Luar Negeri

Muhammad Idris - detikFinance
Foto: Inalum Foto: Inalum
Jakarta - Holding Industri Pertambangan (HIP) Inalum bersama para anggotanya yakni PT Antam Tbk, PT Bukit Asam Tbk, dan PT Timah Tbk meresmikan program kepemimpinan yang disebut Mining Industry Holding Emerging Leaders Development Program (MIH ELDP) di Jakarta. Program ini diikuti oleh 50 talenta terpilih dari keempat perusahaan setelah berhasil melalui proses seleksi.

"Mandat ke-3 yang diberikan oleh pemerintah kepada Holding Industri Pertambangan adalah menjadi perusahaan kelas dunia. Salah satu upaya yang kami lakukan adalah dengan menyiapkan sumber daya manusia kelas dunia, yang memiliki integritas dan mampu membawa perusahaan untuk bersaing di kancah dunia. Saya yakin mereka akan mampu membuktikan kemampuannya 5-10 tahun mendatang," kata Direktur Utama PT Inalum (Persero) Budi G. Sadikin dalam keterangannya, Selasa (23/4/2019).

Seluruh peserta MIH ELDP di jajaran manajemen ini akan mengikuti serangkaian pelatihan di Darden School of Business-University of Virginia dan The Wharton School-University of Pennsylvania hingga penugasan di berbagai perusahaan global terkemuka termasuk perusahaan-perusahaan tambang multinasional di dunia.

Keseluruhan Program pelatihan ini kenalan waktu selama 9-14 bulan dengan dukungan sejumlah mentor dan executive coach baik dari dalam maupun luar perusahaan.


Direktur Layanan Strategis PT Inalum (Persero) yang juga sebagai Direktur Program MIH ELDP, Ogi Prastomiyono mengatakan, Indonesia perlu banyak SDM berkualitas mengelola sumber daya alam tambang.

"Indonesia memiliki kekayaan mineral yang tidak dimiliki negara lain. Untuk mengolahnya menjadi produk yang bernilai tambah, diperlukan teknologi dan juga sumber daya manusia yang mumpuni. Program ini dirancang untuk mencetak para talent kami menjadi pemimpin masa depan, khususnya di industri tambang," jelasnya.

Holding Industri Pertambangan telah menetapkan aspirasi untuk menjadi global players. Untuk itu kompetensi dan capability dari pada Holding Industri Pertambangan harus ditingkatkan. Sebanyak 50 talent telah terseleksi dan akan diikutkan dalam Program Emerging Leaders Development di berbagai Universitas ternama di luar negeri.

"Ini merupakan suatu journey bagi anda semua sebagai emerging leaders HIP. Selamat kepada para peserta emerging leaders development program untuk bisa mengikuti program ini dan jadilah Future Leaders Holding Industri Pertambangan," ungkapnya.


Berasal dari latar belakang yang berbeda, 50 peserta MIH ELDP telah melalui proses seleksi yang ketat. Diharapkan program ini dapat meningkatkan ketangkasan, kompetensi komunikasi, kemampuan untuk menciptakan budaya dengan kinerja tinggi yang berorientasi pada hasil, serta mengubah inovasi agar dapat diaplikasikan secara komersial.

Semua rangkaian pelatihan diberikan agar talent dapat bertransformasi menjadi pemimpin strategis kelas dunia. Transformasi baik pada pribadi talent ini diharapkan tidak hanya akan memajukan HIP beserta anggota perusahaan, namun juga memajukan Indonesia, terutama di sektor tambang.

Acara peluncuran program ini dilakukan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Ketua Bappenas Bambang Brodjonegoro dan Sekretaris Kementerian BUMN Imam A. Putro, didampingi Komisaris Utama PT Inalum (Persero) Fajar Harry Sampurno, Direktur Utama PT Antam Tbk Arie Ariotedjo dan Direktur Utama PT Timah Tbk Mochtar Riza Pahlevi Tabrani, serta dewan komisaris dan jajaran direksi Holding Industri Pertambangan. (ega/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com