Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 03 Mei 2019 14:45 WIB

Jonan Perdana Injak Tambang Freeport Setelah 51% Sahamnya Dikuasai RI

Angga Aliya ZRF - detikFinance
Foto: Menteri ESDM di Tambang Freeport (Angga Aliya ZRF Firdaus/detikFinance) Foto: Menteri ESDM di Tambang Freeport (Angga Aliya ZRF Firdaus/detikFinance)
Mimika - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan hari ini berkunjung ke tambang emas dan tembaga Grasberg di Papua yang dikelola PT Freeport Indonesia (PTFI). Ini kali pertamanya Jonan menginjakkan kaki di tambang Freeport pasca 51% saham dikuasai Indonesia.

detikFinance dan beberapa media lain berkesempatan ikut bersama Jonan.

Pantauan di lokasi tambang, Jonan mengenakan perlengkapan keamanan yang melekat di tubuhnya, mulai dari jaket safety warna oranye, hingga pelindung kepala berwarna putih. Tak lupa Jonan mengenakan kacamata hitam.


Jonan juga menyempatkan bercengkerama dengan para pekerja di tambang Freeport. Dia sempat menanyakan tugas salah satu pekerja tambang.

"Saya tambang, pak," katanya menjawab pertanyaan Jonan saat berkunjung ke tambang bawah tanah Freeport, Papua, (3/5/2019).

"Kalau tambang itu lebih ke proses penambangannya," timpal Jonan.

Suasana di tambang sedikit berkabut saat Jonan berkunjung. Terlihat pula sejumlah alat berat yang beroperasi di area tambang.

Jonan juga blusukan hingga ke dalam kawasan tambang yang terlihat agak gelap dengan mengandalkan pencahayaan dari lampu di dinding tambang.


Tampak pula sejumlah pejabat mendampingi Jonan, di antaranya Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian ESDM Ego Syahrial, dan Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Dwi Soetjipto.

Indonesia secara sah menguasai 51% saham di tambang Freeport pada 27 September 2018 setelah PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau Inalum telah meneken Sales and Purchase Agreement (SPA) dengan Freeport McMoRan Inc. dan Rio Tinto.

Penandatanganan dilakukan oleh Dirut Inalum Budi Gunadi Sadikin dan CEO Freeport McMoRan Richard Adkerson (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed