Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 14 Mei 2019 19:05 WIB

Bantah Avtur Biang Kerok Tiket Pesawat Mahal, Bos Pertamina: Kita Termurah

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Dirut Pertamina Nicke Widyawati/Foto: Ari Saputra Dirut Pertamina Nicke Widyawati/Foto: Ari Saputra
Jakarta - Anggota Komisi VII DPR Kurtubi meminta penjelasan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati terkait dugaan harga avtur sebagai dalang tingginya harga tiket pesawat. Kurtubi mempertanyakan kebenaran hal tersebut.

"Adanya boleh dibilang quote and quote tuduhan kenaikan tiket pesawat ini biang keroknya harga avturnya mahal, konon termahal di kawasan. Apa betul isu ini?"tanya Kurtubi dalam rapat dengar pendapat (RDP) di Komisi VII DPR Jakarta, Selasa (14/5/2019).

Nicke pun menyanggah tudingan avtur biang kerok harga tiket pesawat mahal. Dia mengatakan harga avtur di Bandara Soekarno-Hatta merupakan yang termurah.


"Tidak benar, avtur kita yang Cengkareng itu yang termurah, karena kita tahu Cengkareng banyak sekali maskapai operasi di sana," tegas Nicke.

"Data ini valid, kenapa, karena sekarang semua avtur untuk Garuda Grup di negara lain kami juga yang menyediakan. Artinya, kami langsung deal dengan perusahaan di sana dan membandingkan harganya," tambahnya.

Selanjutnya, Nicke menjelaskan, porsi avtur dalam operasi pesawat. Dia bilang, porsinya sekitar 27%.

"Komponen harga itu sudah ditetapkan di (Kementerian) Perhubungan, berapa persen avtur kontribusi porsi kalau nggak salah 27% dari total cost structure," tuturnya.

(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed