Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 16 Mei 2019 11:59 WIB

Mudik JKT-SBY Lewat Tol, Isi Bensinnya di Mana Saja?

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Eduardo Simorangkir Foto: Eduardo Simorangkir
Cikampek - Mudik Lebaran lewat jalur tol diproyeksi bakal lebih ramai tahun ini. Tersambungnya Merak hingga Probolinggo non stop oleh jalan bebas hambatan jadi salah satu faktor pendukung minat pemudik menggunakan tol.

Salah satu pra sarana pendukung kelancaran mudik melewati tol adalah ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) di sepanjang jalur yang ada. Lalu bagaimana kesiapannya hingga saat ini?

PT Pertamina (Persero) memastikan pasokan BBM sepanjang jalur tol Trans Jawa dalam kondisi yang cukup. Hal ini dipastikan lewat peninjauan kesiapan BBM di jalur tol Trans Jawa yang berlangsung hari ini.

Direktur Pemasaran Retail Pertamina Mas'ud Khamid mengatakan perseroan telah menyiapkan sejumlah persiapan dalam menghadapi arus mudik dan arus balik pada masa Idul Fitri 1440 H. Dia bilang tahun ini ada 112 titik layanan BBM di sepanjang jalur tol dari Merak hingga Pasuruan yang disiapkan.

"Di Jawa ada 112 titik. Terdiri dari 34 SPBU eksisting dan 10 SPBU baru dan sisanya yang modular," katanya di rest area KM 57 tol Jakarta-Cikampek, Kamis (16/5/2019).


Adapula 25 mobile dispenser (mobil tangki yang dilengkapi flowmeter) dan 43 kios Pertamina Siaga. Selain itu, pelayanan juga ditambah dengan 160 unit motorist BBM (motor pengantar BBM) serta adanya 19 titik kantong BBM.

"Kita siapkan armada sepeda motor untuk BBM kemasan yang jumlahnya 200 armada, sama seperti tahun lalu. Tersebar 40 di sumatera, 50 di Jakarta dan Jawa Barat, 60 di Jawa Tengah dan 50 di Jawa Timur. Armada di Jakarta dan Jawa timur bisa dimobilisasi di Jawa Tengah jika diperlukan," kata Mas'ud.

Adapun bagi yang melalui jalur tol di wilayah Jawa Barat, Pertamina menyiapkan 26 SPBU di Ruas Tol Cikampek, Cipali, Ciawi, dan Cileunyi. Selain itu, 14 kios Pertamina Siaga dan 2 Rumah Pertamina Siaga di sepanjang jalur tol Jakarta-Cirebon. Sementara di jalur tol Jakarta-Merak juga disiapkan 6 SPBU.

Sementara untuk memastikan pasokan BBM di Jalur Tol wilayah Jawa Tengah, Pertamina menyediakan 6 SPBU Reguler dan 16 Kios Pertamina Siaga baik di jalur mudik maupun arus balik. Selain itu, Pertamina juga menyiapkan 4 titik Rumah Pertamina Siaga yang tersebar di beberapa lokasi jalur tol di wilayah Jawa Tengah saja.

SPBU dan Rest Area Trans Jawa Mudik 2019SPBU dan Rest Area Trans Jawa Mudik 2019 Foto: Dok. Pertamina



(eds/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com