Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 16 Mei 2019 17:08 WIB

Ini Lokasi SPBU Tambahan Pertamina di Tol Trans Sumatera

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Cikampek - Selain tol Trans Jawa, Pertamina juga memastikan ketersediaan suplai bahan bakar minyak (BBM) di tol Trans Sumatera pada mudik Lebaran tahun ini. Dikutip dari data Pertamina, setidaknya ada 3 ruas tol Trans Sumatera yang mendapatkan layanan SPBU tambahan oleh Pertamina selama masa mudik Lebaran 2019.

"Di Sumatera, kita siapkan untuk Sumatera Utara dan Lampung. Disiapkan SPBU sementara untuk antisipasi pemudik di Sumatera," kata Direktur Pemasaran Retail Pertamina Mas'ud Khamid saat ditemui dalam peninjauan kesiapan BBM mudik, Kamis (16/5/2019).

Untuk ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar, ada 4 SPBU modular atau mobile yang disiapkan. SPBU ini akan disebar di rest area KM 20, KM 33, KM 49 dan Sta. 139.

Kemudian adapula di empat titik pengisian BBM di tol Pematang Panggang-Kayu Agung-Palembang, serta di rest area 65+700 tol Medan-Tebing tinggi.


Selain itu Pertamina juga menyiapkan 40 unit armada motor keliling untuk menjual BBM ke pemudik. Armada ini disebar di setiap titik exit tol di atas.

Mas'ud mengatakan saat ini pihaknya belum memiliki SPBU permanen di tol Trans Sumatera lantaran rest area yang belum rampung. Namun pihaknya telah menyiapkan rencana pembangunan 8 SPBU di rest area yang ada di sepanjang ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar, Pematang Panggang-Palembang dan Medan-Tebing Tinggi.

"Kita akan hajar tahun ini begitu rest areanya ready. Mungkin habis Lebaran begitu rest area ready kita mulai," kata Mas'ud.

Adapun secara total kini Pertamina telah memiliki 44 SPBU di sepanjang jalan tol di Indonesia. Seluruh SPBU tersebut terletak di tol Trans Jawa. Sebanyak 10 di antaranya merupakan SPBU baru yang baru akan beroperasi mulai tanggal 24 Mei 2019 mendatang.

(eds/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed