Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 31 Mei 2019 15:35 WIB

BBM Langka di Trans Sumatera, BPJT: Cuma Ada Pertamax

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Suasana Tol Sumatera saat arus mudik (ANTARA) Foto: Suasana Tol Sumatera saat arus mudik (ANTARA)
Jakarta - Ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) di Tol Trans Sumatera harus jadi perhatian dalam rangka pelaksanaan mudik lebaran. Pasalnya menurut Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) baru tersedia BBM Pertamax di ruas tol tersebut.

"Nah yang jadi isu mungkin sekarang masih BBM ya. BBM itu kan yang disediakan memang hanya (ada) pertamax," kata Kepala BPJT Danang Parikesit di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat (31/5/2019).

Padahal banyak kendaraan pemudik via Tol Trans Sumatera yang membutuhkan BBM premium maupun Pertalite, misalnya untuk city car.

"Banyak terutama mobil-mobil city car itu masih ingin tetap mencari premium maupun Pertalite," sebutnya.


Apalagi harga Pertalite dan Pertamax cukup berbeda jauh. Pemudik yang semula memperhitungkan kebutuhan biaya bensin dengan mengacu konsumsi Pertalite jadi harus menghitung ulang.

"Nah ini memang kita, dan harganya kan antara Pertalite dengan Pertamax kan beda. Oleh karena itu mereka harus mengukur ulang lah untuk itu," tambahnya.

Sebelumnya Kepala BPH Migas Fanshurullah Asa juga meminta Pertamina untuk menyiapkan mobil dispenser Kantong BBM di 15 titik lokasi penjualan BBM yang ada, bukan hanya kios Pertamax, di Tol Bakauheni-Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung-Palembang.

"BPH Migas juga meminta Pertamina menambah armada Motoris di jalur Tol Sumatera dan non tol, terutama daerah Mesuji dan Tulangbawang," kata Fanshurullah dalam keterangannya, Jumat (31/5/2019).

(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed