CONTINUE TO SITE >

Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 04 Jun 2019 21:45 WIB

Konsumsi Avtur Naik hingga 11% di Mudik Lebaran

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Hasan Alhabshy Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta - Konsumsi bahan bakar avtur mengalami kenaikan sepekan terakhir jelang Lebaran. Kenaikan tertinggi terjadi pada 2 Juni 2019.

Kenaikan bahan bakar pesawat ini masih terjadi pada 3 Juni 2019 terutama di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang dan Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Unit Manager Communication Relations & CSR PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) III Dewi Sri Utami mengungkapkan, pada 3 Juni 2019 di Bandara Soekarno-Hatta konsumsi avtur naik 1% dibandingkan rata-rata konsumsi harian pada kondisi normal.

Sementara itu, bandara lain yakni Bandara Husein Sastranegara, Pondok Cabe, dan Bandar Udara Internasional Kertajati di Majalengka turun signifikan hingga lebih dari 15%.


Dewi menambahkan, puncak konsumsi avtur yakni pada 2 Juni di mana tercatat kenaikannya sebesar 11,4% dibandingkan kondisi harian rata-rata normal.

"Naiknya konsumsi avtur dipicu oleh frekuensi pesawat terbang, yang menjadi salah satu pilihan pemudik," ujar Dewi dalam keterangannya, Selasa (4/6/3019).

Berdasarkan estimasi Pertamina, masa puncak konsumsi avtur kembali terjadi pada 7 Juni 2019, yakni H+2 Hari Raya Idul Fitri. Pasalnya, masyarakat melakukan liburan pasca berkumpul dengan sanak saudaranya.

(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed