Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 03 Jul 2019 13:13 WIB

Beli Panel Surya Bisa Dapat Pinjaman dari Bank Mulai Tahun Ini

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Dok. Kementerian ESDM Ilustrasi/Foto: Dok. Kementerian ESDM
Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berkoordinasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan perbankan menyiapkan skema pembiayaan atau pinjaman untuk mendukung kebijakan hemat energi termasuk panel surya. Skema tersebut ditargetkan rampung tahun ini.

Demikian disampaikan Direktur Konservasi Energi Kementerian ESDM Hariyanto di sela-sela acara Launching Penghargaan Subroto Bidang Efisiensi Energi 2019 di kantornya, Rabu (3/7/2019).

"Dalam waktu dekat kita mau finalkan dengan OJK dan perbankan. Insyaallah (tahun ini), kita akan intensifkan pembicaraan," ujarnya.


Dia mengatakan, kebijakan ini akan ditujukan untuk bangunan komersial seperti mal dan perkantoran. Latar belakang kebijakan untuk mewujudkan efisiensi energi karena diperlukan pergantian sejumlah peralatan.

"Salah satu permasalahan yang kita hadapi untuk menjalankan efisiensi energi, misalkan saya ingin efisien di pabrik atau gedung menggantikan peralatan tidak hemat, misalkan seperti itu. Maka perlu pembiayaan," jelasnya.

Dia bilang dengan skema ini maka pemilik gedung nantinya memiliki dana untuk mengganti sejumlah peralatannya termasuk panel surya. Nantinya, pembayaran dari pinjaman tersebut bisa dialokasikan dari nominal hasil efisiensi energi.

Memang, dia mengatakan, untuk mewujudkan skema ini bukan tanpa kendala. Dia mengatakan, salah satu kendalanya ialah soal jaminan.


Dia mencontohkan, untuk kredit motor atau mobil, jika kredit macet maka motor atau mobil itu bisa ditarik sebagai jaminan.

"Tetapi ternyata perbankan belum bisa memahami apakah kredit PV rooftop bisa dianalogikan meminjam uang untuk beli mobil atau motor, karena kalau beli mobil motor kalau kredit macet motornya ditarik," jelasnya.

Meski demikian, dia mengatakan, kementerian sudah berkoordinasi dengan penyedia di mana panel surya yang telah digunakan bisa dihitung nilainya.

"Kita sudah temukan beberapa provider dan user ini ternyata provider mampu menjamin, kalau PV rooftop dipasang ternyata kreditnya macet bisa buyback, bisa membeli perangkat PV dengan ada harganya," tutupnya.

Simak Video "Begini Aturan Pemasangan Panel Surya Atap Rumah"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed