Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 04 Jul 2019 15:45 WIB

Kalau Harga BBM Naik, Ekonomi RI Bisa Mandek

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Pelantikan presiden selalu diiringi dengan kenaikan harga BBM. Kenaikan harga BBM akan sangat berdampak terhadap perekonomian dalam negeri.

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Bhima Yudhistira naiknya harga BBM memberi dampak cukup besar terhadap perekonomian karena angka inflasi yang tinggi.

Kalau inflasi tinggi maka daya beli masyarakat yang akan terpukul. Khususnya masyarakat kelas bawah.

"Dampak dari pencabutan subsidi alias naiknya harga energi khususnya BBM cukup besar ke perekonomian. Jika inflasi naik sementara pendapatan tidak tumbuh signifikan efeknya daya beli, khususnya untuk masyarakat miskin akan terpukul," kata Bhima kepada detikFinance, Kamis (4/7/2019).

Tidak sampai di situ, angka inflasi juga naik karena kenaikan harga BBM merembet ke harga pangan. Bhima menegaskan bahwa hal tersebut dapat menghambat konsumsi rumah tangga, sehingga pertumbuhan ekonomi bertahan di angka 5%.

"Kenaikan harga BBM juga merembet pada kenaikan harga pangan lainnya. Ujungnya kalau konsumsi rumah tangga terhambat, ekonomi akan mangkrak di 5%," kata Bhima.


Tidak berbeda, Ekonom Bank Permata Josua Pardede menyampaikan bahwa kalau BBM naik bisa saja target asumsi inflasi dan pertumbuhan ekonomi pemerintah tidak akan tercapai.

Pemerintah sendiri menargetkan nilai inflasi akan berada di angka 3,5% plus minus 1. Lalu untuk pertumbuhan ekonominya sebesar 5,3% di tahun 2019 ini.

"Konsekuensinya kalau naik BBM sekarang, ya target inflasi bisa nggak tercapai, bukan cuma itu, target pertumbuhan ekonomi juga nggak tercapai," kata Josua kepada detikFinance.

Josua menambahkan bahwa dampak kenaikan BBM memicu inflasi, kalau inflasi naik maka pertumbuhan ekonomi pun melambat. Pasalnya, daya beli masyarakat turun.

"Karena pasti naiknya BBM itu picu inflasi, kalau inflasi naik maka sektor riil dan pertumbuhan ekonominya bisa melambat, karena daya beli masyarakat juga akan turun," tutur Josua.



Tonton juga video Kerjasama Segi Tiga Emas, Indonesia-Thailand-Malaysia:

[Gambas:Video 20detik]


Kalau Harga BBM Naik, Ekonomi RI Bisa Mandek


Simak Video "Bakamla Tangkap Kapal Pengangkut BBM Ilegal"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com