ADVERTISEMENT
Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 11 Jul 2019 14:35 WIB

TBBM Jakarta Group Punya Teknologi yang Efisienkan Penyimpanan BBM

Prima Fauzi - detikFinance
Foto: ANTARA FOTO/Adwit B Pramono Foto: ANTARA FOTO/Adwit B Pramono
Jakarta - Untuk mengurangi paparan uap bahan bakar saat proses distribusi ke mobil tangki, PT Pertamina (Persero) menggunakan sebuah teknologi daur ulang yang disebut Vapour Recovery Unit (VRU).

Alat yang disingkat VRU ini dapat menyerap uap yang terbuang dengan menyalurkannya kembali melalui pipa yang terhubung dengan tangki penampung. Dengan begitu tak ada paparan uap bahan bakar yang bisa mencemari lingkungan.

"Minyak pendistribusian ke mobil tangki itu ada penguapan kan keluar, nah itu semua proses di tangkinya sendiri itu kan terjebak. Jadi kita bikin VRU (Vapour Recovery Unit). Jadi dia dikembalikan lagi ke tangki istilahnya," kata Pjs. Operation Head TBBM Jakarta Group Asmat Subandi di TBBM Jakarta Group, Kamis (11/7/2019).

Kita tangkap melalui pipa supaya enggak ke mana-mana sehingga menimbulkan efisiensi. Karena loss-nya itu enggak ada lagi," tambahnya.


Saat ini penggunaan VRU diimplementasikan untuk bahan bakar golongan A yang memiliki tingkat vapour atau uap yang tinggi seperti premium, pertamax dan pertalite dengan tingkat efisiensi mencapai 2-4% per bulan.

Selain itu dengan penerapan teknologi ini TBBM Jakarta Group Plumpang juga berhasil masuk dalam daftar nominasi 7th Most Efficient Storage Terminal pada Global Tank Storage Award 2018.

Untuk diketahui TBBM Jakarta Group menyuplai sekitar 20% kebutuhan BBM harian di Indonesia, atau ke sekitar 25% dari total kebutuhan SPBU Pertamina. Thruput BBM rata-rata sebesar 16.504 kilo liter.



TBBM Jakarta Group Punya Teknologi yang Efisienkan Penyimpanan BBM


Simak Video "Sah! Erick Thohir Tunjuk Ahok Jadi Komisaris Utama PT Pertamina"
[Gambas:Video 20detik]
(idr/idr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com