Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 12 Jul 2019 16:38 WIB

Proyek Pernah Mandek, PLTA Rajamandala 47 MW Kini Beroperasi

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
PLTA Rajamandala di Cianjur/Foto: Herdi Alif Al Hikam/detikcom PLTA Rajamandala di Cianjur/Foto: Herdi Alif Al Hikam/detikcom
Cianjur - Pemerintah meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Cianjur, Jawa Barat. Pembangkit ini diberi nama PLTA Rajamandala berkapasitas 47 megawatt (MW).

PLTA Rajamandala dapat mengalirkan listrik melalui transmisi 150 kV (kilovolt) Cianjur-Cigereleng ke seluruh sistem kelistrikan di Jawa dan Bali.

Proyek ini merupakan kerja sama antara Anak Perusahaan PLN yaitu Indonesia Power (IP) dengan Kansai Electric Power Corp Japan (KEPCO) yang membentuk PT Rajamandala Electric Power sebagai operator. Pembangunannya dimulai sejak 2014, dan direncanakan sebelumnya selesai 2017.

PLTA RajamandalaPLTA Rajamandala Foto: Herdi Alif Al Hikam/detikcom

Proyek PLTA yang bekerja sama dengan pihak Jepang ini menelan investasi sebesar US$ 150 juta. Namun, kisah pembangunannya tidak berjalan mulus, karena 2016 proyek ini sempat terhenti pembiayaannya karena gangguan kondisi alam yang membuat beberapa konstruksi retak dan rusak.

"Proyek ini 2014 ya dimulai, kita rencanakan 2017 sudah beroperasi. Namun di tengah jalan 2016 kami alami kondisi geologi yang tidak stabil ada keretakan di konstruksi, karena enforcing geological conduction, akhirnya pembiayaan kami sempat berhenti," kisah Dirut PT Rajamandala Electric, Power Basuki Setiawan, di PLTA Rajamandala, Jumat (12/7/2019).

Pihak operator akhirnya melakukan mitigasi dan melakukan evaluasi mengenai teknis konstruksinya. Hingga akhirnya, PLTA ini bisa selesai dan beroperasi di tahun 2019.

PLTA RajamandalaPLTA Rajamandala Foto: Herdi Alif Al Hikam/detikcom

"Kita bikin mitigasi dan action plan proyek ini, dengan izin PLN berbagai teknologi kami terapkan terkait konstruksi sipil untuk atasi kondisi tanah labil, alhamdulillah bisa disesuaikan," terang Basuki.

Akhirnya, di pertengahan tahun 2019 PLTA ini memulai uji coba dan beroperasi. Hari ini, operasionalnya diresmikan secara komersial.

"Kita mulai beroperasi sejak bulan Mei 2019, dapat izin dari kementerian dan PLN, akhirnya hari ini diresmikan secara komersial," kata Basuki.

PLTA RajamandalaPLTA Rajamandala Foto: Herdi Alif Al Hikam/detikcom



Proyek Pernah Mandek, PLTA Rajamandala 47 MW Kini Beroperasi


Simak Video "Berusia Nyaris Seabad, Pipa PLTA Lamajan Belum Pernah Bocor"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com