Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 13 Jul 2019 12:00 WIB

Copot Djoko Siswanto, Jonan akan Lelang Jabatan Dirjen Migas

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Halaman 1 dari 4
Menteri ESDM Ignasius Jonan/Foto: Ari Saputra Menteri ESDM Ignasius Jonan/Foto: Ari Saputra
Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan melantik 17 pejabat di lingkungan Kementerian ESDM Jumat malam (12/7/2019). Tujuh belas itu terdiri dari dua orang Pejabat Pimpinan Tinggi Madya (Eselon I), empat orang Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II), delapan orang Pejabat Administrator (Eselon III), dan tiga orang Pejabat Pengawas (Eselon IV).

Dalam pelantikan tersebut diketahui Djoko Siswanto menempati posisi baru yakni Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional (DEN). Djoko dicopot dari jabatannya terakhir sebagai Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen Migas).

Pejabat lainnya yang dilantik adalah Saleh Abdurrahman yang sebelumnya menjabat Sekretaris Jenderal DEN menjadi Staf Ahli Bidang Lingkungan Hidup dan Tata Ruang. Kemudian ada pula Luh Nyoman Puspa Dewi yang dilantik sebagai Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi.

Entah kebetulan atau tidak, pencopotan Djoko tak lama setelah sektor migas disorot Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jokowi menyoroti sektor ini karena impor tinggi dan menyumbang defisit neraca dagang.

Selanjutnya, posisi Direktur Jenderal Migas akan dilelang. Saat ini, persiapan seleksi terbuka sedang disiapkan.

"Untuk mulai besok saya sudah minta Sekjen menyiapkan seleksi terbuka untuk calon Direktur Jenderal Migas," kata Jonan di Kementerian ESDM Jakarta, Jumat (12/7/2019).


Lantas, siapa pengganti pria yang akrab dipanggil Djoksis ini? Berikut berita selengkapnya dirangkum detikFinance: (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com