Copot Djoko Siswanto, Jonan akan Lelang Jabatan Dirjen Migas

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Sabtu, 13 Jul 2019 12:00 WIB
Copot Djoko Siswanto, Jonan akan Lelang Jabatan Dirjen Migas
Foto: Ari Saputra

Menteri ESDM Ignasius Jonan menyampaikan sejumlah pesan kepada pejabat yang dilantik. Salah satunya, kepada Djoko Siswanto yang dicopot dari posisi Dirjen Migas dan digeser menjadi Sekjen DEN.

Khusus untuk Sekretariat Jenderal Dewan Energi Nasional (DEN), Jonan berharap bisa berubah. Sebab, anggaran tiap tahunnya cukup besar.

"Ini Rp 50 miliar di buang di sini, tiap tahun dikeluarkan menjadi biaya, itu outputnya apa," tutur Jonan.

Selain itu kepada para pejabat yang dilantik, Jonan memaparkan dalam pertemuan G20 pencemaran lingkungan dan peningkatan suhu bumi dibahas sangat serius. Sebab itu, dia ingin kementeriannya fokus pada masalah ini.

"Lebih banyak fokus bagaimana kementerian ini bisa mendukung pengurangan pemanasan bumi atau global warming. Ini soal serius sekali," katanya.

Jonan bilang, negara G20 berkomitmen menjaga peningkatan suhu bumi maksimum 1,5 derajat celcius hingga 2050.

"Isu paling besar adalah kalau lebih 1,5 derajat banyak negara terutama negara kepulauan kecil Pasifik, itu bisa banyak wilayahnya tenggelam karena air lautnya pasang. Dan kita sebagai bangsa 60% dari jumlah penduduk atau masyarakat tinggal di pesisir. Kalau global warming banyak relokasi saudara kita tinggal pesisir," paparnya.

(hns/hns)