Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 16 Jul 2019 14:57 WIB

Garap Masela, Inpex Diminta Maksimalkan Tenaga Kerja Lokal

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Bagus Prihantoro Nugroho/detikcom Foto: Bagus Prihantoro Nugroho/detikcom
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pihak Inpex untuk komit merealisasikan pembangunan Blok Masela sesuai dengan rencana pembangunan (PoD) yang disepakati.

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengatakan, ada beberapa hal yang patut dijalankan oleh perusahaan asal Jepang tersebut pada saat menggarap proyek di lapangan abadi Masela.

"Antara lain yang beliau tekankan adalah agar local content dimaksimumkan. Kemudian penggunaan tenaga kerja setempat itu di-maximized. Jadi ada training untuk bisa meningkatkan kapabilitas tentu saja dari SDM setempat," kata Dwi di Komplek Istana, Jakarta, Selasa (16/7/2019).

Arahan Jokowi, kata Dwi usai Menteri ESDM Iganasius Jonan dan jajaran Direksi Inpex menyampaikan PoD yang telah disepakati dengan SKK Migas.



Setelah pertemuan itu, Dwi mengungkapkan Presiden Jokowi berharap Inpex menerapkan lokal content (produk lokak) dalam pembangunan Blok Masela.

Selain itu, memberdayakan tenaga kerja daerah setempat semaksimal mungkin. Bahkan sumber daya manusia (SDM) pun harus turut dikembangkan.

"Jadi pemanfaatan tenaga kerja daerah diharapkan bisa dioptimalkan," ujarnya.

Dengan adanya kesepakatan PoD, lanjut Dwi, proyek pembangunan sudah on stream pada tahun 2027. "Targetkan 2027 sudah on stream. Jadi projeknya harus selesai terlaksana sampai 2026," ungkap dia.




Garap Masela, Inpex Diminta Maksimalkan Tenaga Kerja Lokal


Simak Video "Jokowi Minta Konten dan Pekerja Lokal Diberdayakan di Blok Masela"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com