Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 18 Jul 2019 12:32 WIB

Luhut Minta Pembangunan Pembangkit Tenaga Sampah Dipercepat

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Pemkot Bekasi uji coba Pembankit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) Sumur Batu. (Isal-detikcom) Foto: Pemkot Bekasi uji coba Pembankit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) Sumur Batu. (Isal-detikcom)
Jakarta - Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan hari ini mengumpulkan sejumlah pejabat dan beberapa perwakilan kepala daerah. Pertemuan tersebut untuk rapat koordinasi (rakor) pembangunan pembangkit listrik tenaga sampah (PLTSa).

Hadir dalam rapat tersebut Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Beracun Berbahaya KLHK Rosa Vivien. Dia menjelaskan, Luhut menginstruksikan agar pembangunan PLTSa ini dipercepat. Itu menindaklanjuti arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Ini kan sebagai tindak lanjut ratas presiden kemarin tentang PLTSa, jadi mengevaluasi 12 kota itu bagaimana perkembangannya, kemudian diarahkan untuk dipercepat yang masih kurang," kata dia usai rakor di Kantor Luhut, Jakarta Pusat, Kamis (18/7/2019).



Dia tak mau bicara banyak soal hasil rapat dengan Luhut. Pada intinya sesuai permintaan Jokowi, di mana tahun ini harus terbangun empat PLTSa.

Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto juga menghadiri rakor tersebut. Secara terpisah dia menjelaskan bahwa koordinasi dengan Luhut dalam rangka mempercepat pengolahan sampah menjadi energi listrik.

Dalam rakor tersebut, dia juga menjelaskan kesiapan Kota Bekasi dalam mengimplementasikan pemanfaatan sampah untuk menjadi energi listrik.

"Rakor ini adalah lanjutan dari ratas yang dilakukan oleh pak presiden dalam rangka upaya terkait percepatan pengelolaan sampah, untuk menjadi energi terbarukan," jelasnya.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com