Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 18 Jul 2019 12:51 WIB

Bekasi Uji Coba Pembangkit Tenaga Sampah 19 MW Bulan Depan

Trio Hamdani - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Peresmian PLTSa Bantargebang (Isal Mawardi-detikcom) Ilustrasi/Foto: Peresmian PLTSa Bantargebang (Isal Mawardi-detikcom)
Jakarta - Pemerintah Kota Bekasi akan melakukan ujicoba operasional Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) Sumur Batu, Bekasi, Jawa Barat. Ujicoba akan dilaksanakan Agustus mendatang. Hal ini sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada ratas untuk dilakukan percepatan.

Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto menjelaskan, ujicoba akan dilaksanakan pada 3 Agustus nanti.

"Kan kalau beroperasinya nunggu itu, kita lihat dari hasil uji coba bulan Agustus, tanggal 3," katanya usai rapat koordinasi di Kantor Kementerian Koordinator Kemaritiman, Jakarta Pusat, Kamis (18/7/2019).

Dia menjelaskan mesin pengolah sampah jadi listrik yang mereka miliki sudah siap, tinggal menyelesaikan urusan administrasi saja

"Mesinnya kita sudah siap. Kemudian tinggal ada beberapa adminstrasi yang belum terselesaikan, mudah-mudahan bulan depan akan kita lakukan uji coba kembali," jelasnya.



Dia mengatakan berdasarkan kajian awal PLTSa tersebut akan menghasilkan listrik sebesar 19 megawatt (MW). Atas pertimbangan tertentu pihaknya menurunkan menjadi 9 MW. Namun Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan meminta tetap seperti proyeksi awal yaitu 19 MW.

"Kalau, kajian awal 19, tetapi karena kemudian jaraknya cukup jauh dengan sumber listrik untuk PLN, maka diturunkan jadi 9. Tapi dari hasil rapat ini Pak Menko tetap saja pakai 19," tambahnya.

Untuk diketahui, Luhut hari ini mengumpulkan sejumlah pejabat dan beberapa perwakilan kepala daerah. Pertemuan tersebut untuk rapat koordinasi (rakor) pembangunan PLTSa. Wakil Wali Kota Bekasi tersebut juga hadir.

(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com