Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 31 Jul 2019 17:58 WIB

PLTMG 25 MW Beroperasi Bisa Kurangi Byar Pet Listrik di Siak

Chaidir Anwar Tanjung - detikFinance
Foto: Dok. PLN (Persero) Foto: Dok. PLN (Persero)
Siak - Gubernur Riau, Syamsuar meresmikan pengoperasian pembangkit listrik tenaga mesin gas (PLTMG) 25 megawatt (MW) di Kabupaten Siak. Diharapkan PLTMG yang menggantikan pembangkit listrik tenaga disel. (PLTD) ini bisa mengatasi keluhan masyarakat soal pemadaman listrik.

"Dulu masih ada listrik mati hidup, harapan kita dengan PLTMG ini diresmikan mudah-mudahan tidak ada lagi listrik matilah," kata Gubernur Riau, Syamsuar dalam peresmian PLTMG 25 MW di Kecamatan Koto Gasib Kabupaten Siak, Rabu (31/7/2019).

Dalam peresmian ini juga didampingi Direktur PT PLN Regional Sumatera, Wahyu Kusdwiharto dan General Manager PLN Wilayah Riau-Kepri, M Irwansyah Putra.

Dalam kesempatan tersebut, Syamsuar mengatakan, selama ini listrik di Kabupaten Siak yang pernah dirinya menjabat 2 periode sebagai kepala daerah, kondisinya sering padam. Ini dikarenakan pasokan pembangkit hanya mengandalkan PLTD.


"Dengan adanya PLTMG, ini dapat membantu menambah kelistrikan di Siak. Mesin PLTD yang dulu kiranya dapat menjadi mesin cadanganlah," kata Syamsuar.

Syamsuar juga berharap, di tahun 2019 ini, seluruh des di Riau nantinya sudah dapat menikmati listrik secara menyeluruh. Di tambah lagi pihak PLN terus membangun jaringan kelistrikan dan gardu induk.

"Harapan kita dengan penambahan pembangkit ini bisa memecahkan solusi soal pemadaman listrik," kata Syamsuar.

Direktur PT PLN Regional Sumatera, Wiluyo di kesempatan yang sama mengatakan, permintaan daya listrik di Riau bertumbuh dengan pesat. Hal itu bisa dilihat dari data penjualan tenaga listrik di semester I tahun 2019 naik sebesar 145,2 GWH atau tumbuh sebesar 6,83 persen dari tahun sebelumnya.


"Dengan adanya pengoperasian pembangkit baru bisa mencukupi kebutuhan permintaan listrik di Sumatera dengan handal membantu menekan biaya pokok produksi hungga Rp 25 miliar per tahunnya," kata Wiluyo.

Penghematan ongkos produksi ini, kata Wiluyo, dari sistem kelistrikan di Siak mengandalkan PLTD kini menggunakan PLTMG. Selain efesien, PLTMG Koto Gasib akan memberikan pasokan listrik dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pertumbuhan jumlah pelanggan dan menumbuhkan ekonomi masyarakat.

"Untuk program listrik desa sampai dengan semester I tahun 2019, PLN telah menyelesaikan penyambungan di 1.778 desa dengan rasio desa 95,64 persen. Target akhir tahun ini akan menyelesaikan 81 desa demi pencapaian 100 persen ratio desa berlistrik," kata Wiluyo.

Simak Video "Siswa di Ponorogo Bikin Pembangkit Listrik Bertenaga Bayu"
[Gambas:Video 20detik]
(cha/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com