Listrik Padam Massal Tak Terkait Gempa Banten

Trio Hamdani - detikFinance
Minggu, 04 Agu 2019 19:55 WIB
Foto: Listrik Padam di Bekasi Selatan (Warga Bekasi, Kiki)
Jakarta - Listrik padam secara massal di sebagian besar Pulau Jawa. Salah satunya di Banten. Berkaitan dengan itu, PT PLN memastikan penyebabnya bukan karena gempa di wilayah Banten pada Jumat (2/8).

"Nggak lah, nggak ada hubungannya (gempa) Banten," kata Direktur Pengadaan Strategis 2 Djoko Raharjo Abumanan di Kantor PLN Pusat Pengatur Beban (P2B) Gandul, Depok, Jawa Barat, Minggu (4/8/2019).

Di lokasi yang sama, Plt Dirut PT PLN Sripeni Inten Cahyani mengatakan, pihaknya akan menginvestigasi lebih lanjut biang kerok padamnya listrik tersebut. Yang diketahui sejauh ini adalah gangguan di sirkuit satu dan dua di saluran udara tegangan ekstra tinggi Ungaran-Pemalang.

"Kami akan lakukan investigasi lebih lanjut berkaitan penyebab gangguan. Ini murni masalah teknis," paparnya.


Dia menjelaskan permasalahan mulai terjadi pada pukul 11.45 WIB. Tepatnya pada detik ke 27 pukul 11.45 WIB, saluran udara tegangan ekstra tinggi Ungaran-Pemalang terjadi gangguan, yaitu di sirkuit satu yang disusul sirkuit kedua sehingga dua-duanya mengalami gangguan.

"Akibatnya terjadi penurunan tegangan. Jadi pada pukul 11.48 detik 11 menyebabkan jaringan SUTB (saluran udara tegangan tinggi) Depok-Tasik mengalami gangguan. Ini awal pemadaman di sistem Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta," tambahnya.



Simak Video "Jokowi Optimistis Harga Mobil Listrik Bakal Murah Seiring Berkembangnya Teknologi"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/dna)