Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 05 Agu 2019 21:30 WIB

Kapan PLN Punya Dirut Baru? Luhut: Tunggu Menterinya Pulang Haji

Danang Sugianto - detikFinance
Menteri BUMN Rini Soemarno/Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - PT PLN (Persero) saat ini masih dipimpin seorang Plt alias pelaksana tugas yaitu Sripeni Inten Cahyani. Kapan PLN punya Direktur Utama (Dirut) definitif?

Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan urusan Dirut PLN merupakan kewenangan Menteri BUMN Rini Soemarno. Cuma saat ini, Rini sedang ibadah haji.

"Saya nggak tahu kalau ada khusus mengenai ini Karena menterinya lagi haji, tunggu pulang haji juga," ujar Luhut di Kementerian Koordinator Kemaritiman, Senin (5/8/2019).


Cuma, menurut Luhut, Presiden Jokowi sudah meminta kepada seluruh menteri Kabinet Kerja tak membuat keputusan selama masa transisi hingga Oktober nanti.

"Presiden beri arahan kepada kami pada rapat paripurna, untuk semua menteri-menteri jangan dulu membuat keputusan sampai Oktober. Kecuali nanti ada hal khusus Pak Presiden kasih arahan, ya saya nggak tahu," tutur Luhut.

Luhut menambahkan memang perlu disegerakan penunjukan Dirut PLN definitif. Menurutnya sosok yang memimpin PLN harus memiliki pemahaman yang luas termasuk terkait masalah teknis.

"Tadi Presiden sudah memerintahkan evaluasi, harus ada evaluasi mendasar. Tidak boleh PLN dipimpin oleh orang yang ngerti masalah finance saja, harus balik dipimpin orang yang ngerti mengenai masalah teknologi," terang mantan Menko Polhukam itu.


Sebelumnya Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno bertolak ke Tanah Suci untuk menjalankan Ibadah Haji. Hal itu disampaikan oleh Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Kementerian BUMN, Edwin Hidayat Abdullah. Dia mengatakan Rini sudah melaksanakan perjalanan ke tanah suci sejak minggu kemarin.

Simak Video "Zulkifli Zaini Jadi Dirut, Ini Susunan Direksi-Komisaris PLN"
[Gambas:Video 20detik]
(das/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com