Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 08 Agu 2019 15:35 WIB

PLN Jamin MRT Jakarta Tak akan Mogok Lagi

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Evakuasi penumpang MRT imbas listrik padam (Twitter MRT)
Jakarta - Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Senayan bakal rampung Oktober 2019. Itu merupakan pembangkit cadangan untuk MRT Jakarta. PT PLN (Persero) memastikan MRT Jakarta tak akan mogok lagi karena kehilangan pasokan listrik setelah PLTD Senayan beroperasi.

Direktur PLN Regional Jawa Barat Haryanto WS mengatakan, PLTD Senayan merupakan pemasok listrik cadangan kedua untuk MRT. Sementara saat ini MRT Jakarta disuplai dari listrik yang bersumber dari Subsistem Gandul-Muara Karang melalui Gardu Induk Pondok Indah, dan Subsistem Cawang-Bekasi melalui Gardu Induk CSW.

"(PLTD Senayan) ini adalah backup kedua ya. Jadi insyaallah kalau itu backup jalur utamanya mati, backup satu mati, maka backup dua ini lah yang menjadi last resource," kata dia di PLTD Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (8/8/2019).


Dia memastikan PLTD Senayan sebagai backup terakhir mampu menjaga MRT Jakarta tetap beroperasi. Pasalnya pembangkit ini memilik ketahanan yang bagus. Bahkan menurutnya hampir tidak mungkin PLTD ini lumpuh total di waktu yang bersamaan.

Dia mencontohkan, PLTD ini memiliki 6 mesin yang terdiri atas 2 blok, masing-masing memiliki kapasitas 50,5 Megawatt (MW). Ketika salah satu mesin atau salah satu blok mengalami kerusakan masih tetap bisa menyuplai MRT Jakarta.

"Nah secara teoritis probabilitas kemungkinan 6 mesin itu mengalami kerusakan sangat kecil. Jadi kalau 50 persennya rusak saja, masih ada 50 MW, masih cukup lah untuk meng-cover MRT itu," jelasnya.



Dia mencontohkan, bila Jakarta mengalami pemadaman atau blackout seperti Minggu lalu, PLTD Senayan akan aktif dengan proses paling lama 10 menit.

"Kalau dua-duanya (Gandul dan CSW) mati karena blackout maka PLTD ini yang akan beroperasi, langsung start tidak lebih dari 10 menit," ujarnya.

"Insyaallah proyek ini bisa kita selesaikan sebelum hari listrik nasional, 27 Oktober," tambah dia.

Simak Video "Geger Corona, Pendeteksi Suhu Akan Dipasang di Stasiun MRT"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com