Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 15 Agu 2019 14:15 WIB

Kebakaran di Kilang Balikpapan Diduga karena Perbaikan Pipa

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kilang Balikpapan/Foto: Dok. Pertamina Kilang Balikpapan/Foto: Dok. Pertamina
Jakarta - Penyebab kebakaran di area kilang PT Pertamina (Persero) di Balikpapan, Kalimantan Timur sedang diinvestigasi. Namun begitu, ada sejumlah dugaan penyebab terjadinya kebakaran.

Plt Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Djoko Siswanto menduga kebakaran dipicu oleh perbaikan pipa. Menurutnya, ada sejumlah hal yang bisa memicu kebakaran saat perbaikan pipa.

"Lagi ada kegiatan perbaikan pipa, biasanya itu ya, kan kita belum lakukan investigasi kan, biasanya itu kalau terjadi timbul api disebabkan karena ada hidrokarbon, ada panas, ada api," ujarnya di Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, Kamis (15/8/2019).


Lebih rinci, dia menyebut, penyebab terjadinya api bisa karena pengelasan, rokok, atau pun gesekan benda lainnya.

"Makanya kita cek, apakah pengelasan, atau di situ ada yang ngerokok atau tidak, atau memang ada gesekan benda logam yang menimbulkan api, atau aliran statik," ujarnya

"Kan kita ngisi bensin kalau sambil telepon menimbulkan arus pendek, ada elektromagnetik yang bisa menimbulkan api. Kita belum tahu, nanti kita lihat," sambungnya.


Dia melanjutkan, jika terdapat aktivitas pengelasan maka besar kemungkinan hal itu penyebabnya. Menurut Djoko, perlu dicek apakah pengelasan ini mengikuti standar operasional prosedur (SOP) yang berlaku. Lalu, perlu dicek juga pipa jenis apa yang sedang dilas.

"Kalau kerjaan pipa biasanya ngelas atau nggak, ada nggak pekerjaan ngelas, kalau pekerjaan ngelas ya diduga kemungkinan besar dari situ kita lihat SOP ada nggak. Pekerja panas ada izinnya ada permit-nya. Sebelum kerja dicek ada gas detector, ada nggak gas di situ. Pipanya, pipa baru atau pipa lama. Kalau pipa lama pasti di dalamnya itu ada minyak melekat di dinding-dinding pipa itu bahaya," paparnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional (DEN) ini mengatakan, jika terjadi kesalahan maka akan diberikan sanksi. Tapi, ia belum menyebut secara detail.

"Ya kalau ditemukan kesalahan orang pasti kita sanksi, teguran," tutupnya.

Simak Video "Pertamina, TNI dan Polri Gelar Simulasi, Antisipasi Kebocoran Pipa BBM"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed