Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 16 Agu 2019 10:32 WIB

OSO Pamer Berhasil Fasilitasi Pertemuan Pemda Papua dengan Freeport

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Dok. DPD Foto: Dok. DPD
Jakarta - Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang (OSO) menyebut pemerintah akhirnya telah berhasil dalam mengambil alih saham PT Freeport Indonesia (PTFI) beberapa waktu lalu. OSO juga mengatakan bahwa DPD juga berhasil memfasilitasi pertemuan antara Pemda Papua dengan PTFI terkait pembayaran pajak.

Demikian diungkapkan OSO dalam pidatonya di Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI, di Kompleks DPR, Senayan, Jakarta Selatan, Jumat (16/8/2019).

"Kita bergembira karena pemerintah telah berhasil mengambil alih 51% saham PT Freeport. Kami juga bersyukur karena DPD RI juga telah berhasil memfasilitasi pertemuan antara Pemerintahan Daerah Provinsi Papua dengan PT Freeport terkait pembayaran pajak air permukaan," kata OSO.

OSO mengatakan, untuk ke depannya kedaulatan energi hingga pangan harus bisa menjadi perhatian semua pihak.


"Ke depan, segala upaya kita dalam rangka membangun kedaulatan energi, kedaulatan pangan, hingga kedaulatan politik sebagai bangsa harus menjadi perhatian kita semua," jelasnya.

OSO juga menyoroti soal kenaikan harga minyak yang telah terjadi. Menurutnya, kondisi itu membuat Indonesia memerlukan pengembangan energi alternatif seperti Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN).

"Kenaikan harga minyak delapan tahun terakhir telah menyadarkan kita tentang perlunya mengembangkan energi alternatif, dalam hal ini pembangunan Pembangkit Tenaga Nuklir," katanya.

"Energi Baru dan Terbarukan bukan saja memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat dan industri saja. Lebih dari itu, hal tersebut juga membuka peluang investasi jangka panjang di Indonesia," tutup OSO.



Simak Video "OSO soal Unjuk Rasa Berujung Ricuh: Itu Melupakan Pancasila!"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com