Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 31 Agu 2019 17:22 WIB

Bus Listrik Sudah Diuji Coba, Menhub: Minggu Depan Beroperasi

Vadhia Lidyana - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Adhi Indra Prasetya/detikcom Ilustrasi/Foto: Adhi Indra Prasetya/detikcom
Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah melakukan uji coba bus listrik beberapa waktu lalu. Menindaklanjuti hal tersebut, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan bus listrik akan beroperasi pekan depan.

"Minggu depan kendaraan umum (Bus TransJakarta), listrik sudah bisa beroperasi," tutur Budi Karya dalam Pameran dan Parade Kendaraan Bermotor Listrik, di Monas, Jakarta, Sabtu (31/8/2019).

Budi mengatakan, regulasi atau Peraturan Menteri tentang kendaraan listrik akan selesai minggu ini. Aturan tersebut sudah diperkuat oleh Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik (KBL) Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan.


Selain itu, untuk menarik minat masyarakat, pemerintah akan membebaskan aturan ganjil-genap dan juga memberikan insentif pajak mobil listrik.

"Dan kendaraan listrik akan bebas dari ganjil genap dan parkir gratis. Mungkin di daerah-daerah memberikan pengurangan pajak. Saya dengar dari Jawa Timur sudah mulai memberikan kemudahan-kemudahan," tandasnya.

Sebagai informasi, PT Transjakarta sudah melakukan uji coba bus listrik di beberapa jalur khusus seperti tempat wisata. Mulai dari Monas hingga Ancol.

Meski baru uji coba, antusiasme masyarakat naik angkutan listrik ini cukup besar. Dalam 10 hari percobaan, bus listrik TransJakarta berhasil mengangkut 13.797 penumpang.



Simak Video "Menhub Bicara Kendaraan Listrik dan Polusi Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com