Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 04 Sep 2019 12:36 WIB

Jonan Minta Kontraktor Pakai Teknologi Terbaru Biar Makin Efisien

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Menteri ESDM Ignasius Jonan/Achmad Dwi Afriyadi Foto: Menteri ESDM Ignasius Jonan/Achmad Dwi Afriyadi
Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan meminta kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) di sektor migas untuk menggunakan teknologi terbaru dalam produksi minyak dan gas bumi (migas). Sehingga, ongkos produksi bisa diminimalkan.

Jonan menuturkan, hal tersebut juga sebagai cara untuk meminimalisir kerugian di tengah harga minyak yang tidak menentu.

"Yang kita bisa lakukan, saya pesan KKKS yang penting melakukan efisiensi dari pada biaya produksi atau eksplorasi dengan cara menggunakan teknologi yang lebih up to date, coba cari cara lah," kata dia di JCC Jakarta, Rabu (4/9/2019).


Jonan menerangkan, harga migas tidak menentu. Itu tergantung pasokan dan permintaan yang dipengaruhi kondisi ekonomi dan politik dunia.

"Begini kan kita itu tahu bahwa harga minyak harga yang terjadi demand dan supply dan pengaruh-pengaruh gejolak politik secara global, dan juga harga gas, tidak ada yang menentukan. Ini mekanisme aja, dinamika ekonomi, politik arena global," paparnya.

Dia pun bercerita, 10 tahun lalu harga minyak Brent sekitar US$ 120 per barel. Kini, harganya anjlok sampai US$ 58 per barel.

"Pernah harga minyak 10 tahun lalu atau 8 tahun lalu sampai US$ 120 per barel, Brent sekarang berapa, sekarang Brent jadinya US$ 58 kan nggak bisa prediksi," jelas mantan Direktur Utama PT KAI (Persero) tersebut.



Di sisi lain, dia bilang, pemerintah saat ini juga tengah mendorong ketersediaan migas melalui komitmen eksplorasi.

"Makanya sekarang setiap ada perpanjangan yang diberikan pemerintah, kita minta komitmen eksplorasi dalam 5 tahun. Sekarang ini terkumpul kurang lebih US$ 2,5 miliar ini yang bisa digunakan (eksplorasi)," tutupnya.




Simak Video "Jokowi Minta Konten dan Pekerja Lokal Diberdayakan di Blok Masela"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com