Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 04 Sep 2019 13:59 WIB

Banggar Tolak Usulan Penurunan Target Setoran Minerba di 2020

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Danang Sugianto Foto: Danang Sugianto
Jakarta - Kementerian ESDM mengajukan penurunan target penerimaan negara bukan pajak (PNBP) mineral dan batu bara (Minerba) dalam RUU APBN 2020. Namun usulan itu ditolak oleh Badan Anggaran DPR RI.

Usulan itu disampaikan oleh Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM Bambang Gatot. Menurut catatannya, PNBP Minerba 2020 diperkirakan hanya mencapai Rp 37,24 triliun. Angka itu lebih rendah dari target dalam RUU APBN 2020 Rp 44,39 triliun.

"Kami usulkan PNBP Minerba di tahun depan menjadi Rp 37,24 triliun," ujarnya saat rapat dengan Banggar, di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (4/9/2019).


Bambang menjelaskan, penurunan target itu mempertimbangkan penurunan harga batu bara acuan (HBA) yang terus terjadi. Prediksi IMF dan Bank Dunia HBA di 2020 diperkirakan di kisaran US$ 70 per ton. Namun HBA yang menjadi acuan awal US$ 77 per ton.

Namun usulan itu dimentahkan oleh Wakil Ketua Banggar DPR RI Said Abdullah yang memimpin rapat. Sebab RUU APBN 2020 telah disepakati. Jika PNBP Minerba diubah maka akan merombak secara keseluruhan.

"Kita tetap sesuai target awal saja ya, Rp 44,39 triliun. Kalau diubah lagi nanti mengubah keseluruhan Nota Keuangan," ujarnya.



Simak Video "Jangan Khawatir, Pasokan Listrik saat Lebaran Aman!"
[Gambas:Video 20detik]
(das/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com