ADVERTISEMENT
Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 05 Sep 2019 18:30 WIB

4 Pembangkit Listrik Ini Jadi Unggulan di Kaltim hingga Papua

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Dok. Kementerian ESDM Foto: Dok. Kementerian ESDM
Jakarta - Pembangunan infrastruktur listrik terus dikebut. Berbagai pembangkit listrik digarap pembangunannya di berbagai daerah.

Salah satu BUMN, PT PP (Persero) Tbk misalnya ikut terlibat dalam pembangunan pembangkit listrik. Perseroan bekerjasama dengan Wärtsilä Finland sebagai pemasok utama gas engines yang diperlukan untuk pembangkit listrik. Seluruh mesin pendukung pembangkit listrik dirakit dan dikirim langsung dari Finlandia ke Indonesia melalui pengiriman jalur laut.

"Perseroan telah melakukan terobosan baru dan langkah yang besar dalam mentuntaskan proyek pembangkit listrik dari sisi kualitas pekerjaan yang efisien terutama dari sisi HSE (Health, Safety, Environment), sehingga mampu menghasilkan pembangkit listrik berkualitas tinggi," kata Direktur Operasi-3 Perseroan Abdul Haris Tatang dalam keterangannya, Kamis (5/9/2019).


Pembangunan pembangkit listrik tak melulu berjalan mulus. Ada sejumlah tantangan yang dihadapi mulai dari keterbatasan sumber daya, jalur pengiriman engine gas yang jauh, tantangan geografis, kondisi cuaca serta masa konstruksi yang cukup singkat.

"Tidak menjadi hambatan bagi tim proyek perseroan dalam membangun empat pembangkit listrik tersebut," ujarnya.


Adapun keempat pembangkit listrik tersebut Mobile Power Plant 20 MW Nabire PLTMG dengan masa pembangunan enam bulan; Mobile Power Plant Ternate 30 MW PLTMG dengan masa pembangunan enam bulan; Mobile Power Plant 20 MW Flores MHP dengan masa pembangunan 12 bulan; dan Mobile Power Plant PLTMG Bontang 30 MW dengan masa pembangunan sembilan bulan.

Perseroan juga mengantongi empat penghargaan antara lain Kategori Renewable Projects Wind Power Project of The Year" untuk Tolo 1 Wind Power Plant 72 MW, Kategori Renewable Projects, Solar Power Project of The Year untuk Solar PV Power Plants 42 MW in 4 Locations in Indonesia. Bronze Award - Kategori Supporting Projects, "Fast-Track Power Plant of The Year" untuk Mobile Power Plant and Fixed Type Gas Engine Power Plant Package VII dan Gold Award - Kategori Supporting Projects, Dual Fuel Power Plant of The Year" untuk Mobile Power Plant and Fixed Type Gas Engine Power Plant Package VII.

Simak Video "Siswa di Ponorogo Bikin Pembangkit Listrik Bertenaga Bayu"
[Gambas:Video 20detik]
(das/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com