Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 10 Sep 2019 12:50 WIB

Di Depan Tokoh Papua Jokowi Cerita Sejarah BBM Satu Harga

Andhika Prasetia - detikFinance
Foto: Andhika Prasetia/detikcom Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagi kisah awal mula dirinya tercetus membuat program BBM satu harga. Hal itu disampaikannya saat menerima tokoh-tokoh Papua dan Papua Barat di istana.

Jokowi mengawali ceritanya saat kunjungannya ke Wamena. Kala itu ia menyempatkan diri diam-diam bertanya kepada pedagang setempat perihal harga bahan bakar minyak di sana. Jokowi mengaku kaget dengan jawab yang diterimanya.

"Saya kaget waktu itu. Saya nggak, saya nggak pernah dapat informasi soal itu. Kemudian mereka menyampaikan, pak ini harganya 1 liter Rp 60.000. Tapi pas hujan pak harganya Rp 100.000," kisah Jokowi di depan tokoh Papua di Istana Negara, Selasa (10/9/2019).


Jokowi tak lantas percaya, hingga sempat beberapa kali mengulang pertanyaan.

"Saya tanya ulang-ulang, saya masih ragu. Apa benar ini harga per liter, jangan-jangan ini harga per jeriken? (Ternyata benar) per liter, saya kaget. Karena di sini (Jakarta) harga Rp 6.450. Artinya harga di papua 10 kali lipat," ungkap dia.

Berbekal informasi yang diterimanya tahun 2015 lalu itu, Jokowi langsung memerintahkan jajarannya untuk membuat harga BBM di Papua setara dengan harga BBM di tempat lain seperti di Pulau Jawa.


Meski diakui Jokowi, hal itu tak mudah. Karena baru dua tahun kemudian, perintah Jokowi itu terlaksana dengan program yang kita kenal BBM satu harga.

"Saat itu juga saya perintahkan ke menteri. Saya tidak mau tahu caranya. Tapi saya minta harga bensin, harga BBM di sini dan di berbagai daerah di Indonesia sama dengan daerah lain. Tapi baru 2 tahun baru kesampaian," tandasnya.


Di Depan Tokoh Papua Jokowi Cerita Sejarah BBM Satu Harga


Simak Video "Soal Kerusuhan Papua, Sejumlah Elemen Desak Jaminan Perlindungan"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com