Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 13 Sep 2019 14:28 WIB

Ke Thailand, Arcandra Cari Dukungan Penggunaan Sawit

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Achmad Dwi Afriyadi Foto: Achmad Dwi Afriyadi
Jakarta - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar menghadiri forum 37th ASEAN Ministers on Energy Meeting (AMEM37) di Bangkok, Thailand beberapa waktu lalu (4/9/2019). Dalam pertemuan tersebut, Arcandra memanfaatkannya untuk mencari dukungan dalam pemanfaatan minyak sawit untuk bahan bakar.

Dia menjelaskan, acara itu merupakan pertemuan menteri di sektor energi. Adapun yang dibahas dalam acara itu ialah efisiensi energi hingga perubahan iklim.

Kemudian, Indonesia membawa isu yakni pemanfaatan sawit untuk sumber energi.

"Ketemu dengan menteri-menteri energi ASEAN. Kita kerja sama, jadi strategi ASEAN untuk hadapi energi efisiensi, climate change, energi terbarukan 23%, mobil listrik. Kita masukin agenda FAME kelapa sawit B20. Insyaallah sebentar lagi B30, terus kita juga dorong B100," ujarnya di Kementerian ESDM Jakarta, Jumat (13/9/2019).



Pada acara itu, Arcandra bertemu International Energy Agency (IEA) yang mana pihak IEA kemudian menyatakan tidak menentang penggunaan sawit. Kemudian, juga bertemu The International Renewable Energy Agency (IRENA).

"Kita bicara dengan IEA, international agency yang mengatakan bahwa tidak menentang penggunaan FAME. Saya juga ketemu IRENA, kita bilateral dan mereka juga netral. Yang nentang kan Eropa," ujarnya.

Lanjutnya, acara ini dimanfaatkan pemerintah untuk mencari dukungan penggunaan sawit sebagai bahan bakar.

"Iya, di green dan biodiesel. Ini cari dukungan dan kita punya kepentingan untuk biodiesel, FAME, greendiesel ini agar bisa diterima green energy. Setiap negara punya agenda masing-masing," tutupnya.



Simak Video "Tak Penuhi Standar, Thailand Kembalikan 25 Kontainer Kelapa RI "
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com