Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 13 Sep 2019 18:52 WIB

Tagihan Listrik Warga Riau Bengkak Gara-gara Kabut Asap

Chaidir Anwar Tanjung - detikFinance
Foto: Kabut asap di Pekanbaru makin pekat (Chaidir-detikcom) Foto: Kabut asap di Pekanbaru makin pekat (Chaidir-detikcom)
Pekanbaru - Kabut asap yang melanda Riau dan sekitarnya telah mebuat warga kerepotan. Malasah yang timbul dari mulai kersehatan, keamanan hingga masalah ekonomi.

Salah satunya disampaikan Erni Wati, warga Jl Adi Sucipto. Menurutnya, selama dilanda kabut asap dia harus mengeluarkan dana yang lebih dari biasanya.

"Tagihan lisrik saya di Agustus ini naik Rp 500 ribu dibanding bulan sebelumnya. Ini karena kami harus menggunakan AC rumah lebih lama selama asap ini. Bisa jadi pemakaian di selama September nanti akan meningkat lagi," kata Erni.


Pengakuan Elsa Susanti, warga Jl Subrantas, Kecamatan Tampan, dia juga harus mengeluarkan dana berlebih. Misalkan saja, dia mengaku harus rajin membeli beberapa suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh buat keluarganya.

"Ya selama kabut asap ini, biaya kita pasti bertambah. Saya harus rajin membelikan suplemen buat keluarga, agar kondisi badan tetap fit. Ini jaga-jaga biar tidak sakit," kata Elsa.


Ini belum lagi kondisi malas untuk belanja ke pasar tradisional. Dengan kondisi asap, para kaum ibu malas berbelanja kebutuhan dapur ke pasar.

"Kita malas belanja ke pasar, akhirnya beli pada pedagang sayur keliling. Jelas pedagang keliling ini harganya lebih mahal dari pasar. Tapi mau bagaimana lagi, kita juga malas keluar rumah karena asap," kata Elsa.

Simak Video "Terparah! Kabut Asap Selimuti Palembang Pagi Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com