Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 17 Sep 2019 12:18 WIB

Hutama Karya Garap Proyek Kilang Minyak Pertamina di Ibu Kota Baru

Adinda Purnama Rachmani - detikFinance
Foto: Dok. Hutama Karya Foto: Dok. Hutama Karya
Jakarta - PT Hutama Karya (Persero) (HK) akan mengerjakan mega proyek dengan bekerja sama dengan PT Pertamina (Persero) di bidang engineering, procurement, and constructions (EPC) yang dikerjakan pada akhir 2019 mendatang. HK akan menggarap pembangunan upgrade fasilitas kilang minyak milik Pertamina yang berlokasi di Kelurahan Lawe-Lawe, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Direktur Utama Hutama Karya, Bintang Perbowo mengatakan, dalam proyek ini pihaknya mendapatkan porsi JO 47% dari total kontrak konsosrsium HK-CPP senilai Rp 3,7 triliun.

"Kami sangat bangga dapat menggarap kembali salah satu proyek EPC Pertamina ini. Kami memastikan bahwa kami akan memberikan deliverable yang baik dalam proyek ini dengan kualitas yang maksimal serta tepat waktu dalam penyelesaian pekerjaannya," ucap Bintang dalam keterangan tertulis, Selasa, (17/9/2019).


Diketahui, dalam proyek ini HK akan bertanggung jawab untuk mengerjakan upgrade fasilitas penunjang kilang minyak di Lawe-Lawe untuk mengerjakan on shore facilites yang meliputi pembangunan utility area, civil work untuk crude storage tank, fire water tank, dan fasilitas penunjang lainnya.

Menurut Kepala Divisi EPC PT Hutama Karya Selo, upgrade fasilitas penunjang kilang minyak ini perlu dilakukan Pertamina karena sejalan dengan bertambahnya kapasitas minyak mentah di sana.

"Karena adanya kenaikan kebutuhan minyak mentah di Indonesia maka Refinery Development Master Plan (RDMP) RU-V Balikpapan, bermaksud untuk meningkatkan kapasitas penyimpanan yang ada di fasilitas eksisting di Refinery Unit tersebut," ucap Selo.

"Pada proyek ini bagian yang akan ditingkatkan adalah pembangunan dua tangki penyimpanan crude oil masing-masing sebesar 1 juta barrel, single point mooring (SPM), pipeline baik off shore maupun on shore, serta utilitas pendukung," ucapnya. (prf/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com